Kini Turis Asing yang Belum Menikah Boleh Menginap di Satu Kamar saat Liburan ke Arab Saudi

Perempuan yang menjadi warga negara Arab Saudi pun akan diizinkan melakukan penyewaan kamar hotel sendiri, bahkan tidak memerlukan izin dari wali.

Kini Turis Asing yang Belum Menikah Boleh Menginap di Satu Kamar saat Liburan ke Arab Saudi
Metro.co.uk
Habis manis sepah dibuang. Laki-laki ini menembak dokter yang menolong kelahiran istrinya hanya gara-gara dokter itu seorang laki-lakibukan perempuan. Dokter yang bekerja di King Fahd Medical City, Riyadh, Arab Saudi, ditembak tak lama setelah keluar dari bangsal melahirkan 

TRIBUNSOLO.COM, RIYADH - Pasangan turis asing yang belum menikah saat ini mendapatkan 'angin segar' lantaran diizinkan dapat menginap dalam satu kamar hotel bersama ketika di Arab Saudi.

Kebijakan ini sebagai bagian dari upaya Kerajaan Arab Saudi menggenjot sektor pariwisata.

Dikutip TribunSolo.com dari Kompas.com, kaum perempuan yang menjadi warga negara Arab Saudi pun akan diizinkan melakukan penyewaan kamar hotel sendiri, bahkan tidak memerlukan izin dari wali laki-laki.

"Semua warga negara Saudi diminta menunjukkan kartu keluarga atau bukti identitas saat check ini di hotel, tapi ini tidak wajib bagi turis asing," begitu bunyi pernyataan Komisi Saudi untuk Pariwisata dan Warisan Nasional (SCTH).

"Dan bagi semua perempuan, termasuk warga negara Saudi dapat memesan dan menginap sendirian di hotel hanya dengan memberikan kartu identitas mereka pada saat check in,".

Instruksi ini mengindikasikan bahwa pengelola hotel hanya diizinkan untuk menyediakan akomodasi kepada perempuan yang memiliki identitas, kecuali jika mereka ditemani oleh saudara atau kerabat laki-laki.

Kerajaan Arab Saudi Hapus Biaya Visa Progresif dan Naikkan Visa Umrah, Ini Tanggapan Biro Umrah Solo

Dikutip dari laman gulfbusiness.com, Senin (7/10/2019), perubahan aturan itu terjadi seiring dengan cepatnya Kerajaan Saudi ini mengembangkan strategi pariwisata untuk menarik turis internasional dan mendiversifikasi ekonominya menjauh dari sektor minyak.

Sebagai bagian dari strategi, Kerajaan Saudi menargetkan 1,5 juta turis pada tahun 2020 dan meningkatkan target pendapatan yang dihasilkan dari sektor pariwisata menjadi 18 persen dalam 14 tahun ke depan.

Pada akhir bulan lalu, Saudi membuka aplikasi untuk visa turis secara online bagi warga negara dari 49 negara.

Selain itu Saudi juga mengumumkan bahwa perempuan asing saat ini tidak diwajibkan memakai abaya.

Halaman
12
Tags
Arab Saudi
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved