Berita Karanganyar Terbaru

Imbas Kebakaran Hutan, Pendakian Gunung Lawu Jalur Candi Cetho Kembali Ditutup

Pendakian Gunung Lawu jalur Candi Cetho kembali ditutup akibat kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) di Lereng Gunung Lawu Karanganyar.

Imbas Kebakaran Hutan, Pendakian Gunung Lawu Jalur Candi Cetho Kembali Ditutup
Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya
Gunung lawu 

TRIBUNSOLO.COM, KARANGANYAR - Pendakian Gunung Lawu jalur Candi Cetho kembali ditutup akibat kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) di Lereng Gunung Lawu Karanganyar, Selasa (22/10/2019).

Koordinator Lapangan Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Nardi menyampaikan, jalur pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho sempat ditutup lantaran angin kencang pada Minggu (20/10/2019) lalu. Sekitar 150 pendaki terpaksa turun karena kondisi cuaca yang buruk.

"Angin baru reda kemarin malam. Ini buka sebentar, belum ada pendaki. Terus dapat info kebakaran, terpaksa tutup lagi mulai 10.15," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Selasa (22/10/2019).

Dikutip TribunSolo.com dari Tribunjateng.com, Nardi mengatakan, apabila api sudah padam, kemungkinan besok bisa dibuka kembali.

"Info dari teman-teman, kebakaran di Banaran atas Telaga Madirda. Yang terbakar pohon pinus. Ini masih upaya pemadaman," terangnya.

Lahan Seluas 6 Hektare di Gunung Lawu Hangus Terbakar

Sementara itu, penutupan jalur pendakian juga terjadi di Cemoro Kandang.

Kejadian angin kencang yang terjadi pada Minggu lalu, jalur pendakian sempat ditutup.

Anggota Anak Gunung Lawu (AGL), Budi mengungkapkan, saat ini kondisi cuaca sudah membaik, akan tetapi angin kencang masih terjadi di atas.

"Ini kondisional (dibuka), sambil melihat kondisi cuaca. Yag jelas pendaki kita beri himbauan dan edukasi. Apabila cuaca tidak memungkinkan tidak usah dipaksakan," ungkapnya.

Saat ini belum ada pendaki yang mendaki Gunung Lawu lewat jalur Cemoro Kandang.

"Ini saya di Posko Cemoro Kandang. Sampai saat ini beluma ada yang mendaki," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho Karanganyar Ditutup Kembali Karena Karhutla, https://jateng.tribunnews.com/2019/10/22/pendakian-gunung-lawu-via-candi-cetho-karanganyar-ditutup-kembali-karena-karhutla.
Penulis: Agus Iswadi
Editor: m nur huda

Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved