Kakek 63 Tahun di Lamongan Nekat Curi Hewan Ternak, Mengaku Butuh Uang untuk Operasi Batu Ginjal

Setiap beraksi, RJ dibantu oleh tiga orang yang saat ini sudah diamankan oleh pihak kepolisian Tuban, juga atas kasus pencurian hewan ternak.

Kakek 63 Tahun di Lamongan Nekat Curi Hewan Ternak, Mengaku Butuh Uang untuk Operasi Batu Ginjal
KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAH
Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung (tengah), saat memperlihatkan barang bukti uang tunai hasil kejahatan RJ kepada awak media. 

TRIBUNSOLO.COM, LAMONGAN - Pria berinisial RJ (63), warga Desa Payaman, Kecamatan Solokuro, Lamongan, Jawa Timur, diamankan pihak kepolisian, usai diduga menjadi otak pencurian hewan ternak di enam lokasi berbeda yang ada di Lamongan.

Setiap beraksi, RJ dibantu oleh tiga orang yang saat ini sudah diamankan oleh pihak kepolisian Tuban, juga atas kasus pencurian hewan ternak.

Dari laporan yang didapatkan pihak kepolisian dan sudah diakui oleh pelaku, enam lokasi berbeda yang menjadi target pencurian berada di wilayah Lamongan bagian utara, dengan mereka biasa melakukan aksinya pada malam hingga dinihari.

"Tersangka menjadi aktor intelektual pencurian, karena dia memberitahukan kepada ketiga rekannya lokasi mana saja yang menjadi target pencurian sapi," ujar Kapolres Lamongan, AKBP Feby DP Hutagalung, dalam rilis pengungkapan kasus di Mapolres Lamongan, Senin (4/11/2019).

Terpukulnya Ibunda Afridza Munandar saat Sang Anak Meninggal, Tangannya Menggapai-gapai TV

"Sementara tiga tersangka lain berinisial RF, SJ, dan ZA, saat ini sedang menjalani penahanan di Polres Tuban, juga atas kasus pencurian sapi," ujar dia.

Polisi masih mengembangkan kasus ini, lantaran ditengarai komplotan pencurian ini sudah beraksi lebih dari enam lokasi seperti yang sudah dilaporkan.

Sementara itu, RJ yang dalam kesempatan sebelumnya juga sempat dihukum penjara atas kasus pencurian serupa, dihadiahi timah panas oleh petugas kepolisian karena hendak melarikan diri saat coba diamankan.

"Kemungkinan besar pelaku ini tidak mencuri di enam TKP (lokasi) saja, untuk itu kami akan melakukan koordinasi dengan Polres Tuban," tutur Feby, dikutip TribunSolo.com dari Kompas.com.

Gibran Rakabuming Tanggapi Usulan Kolaborasi dengan Putra Prabowo, Didit Hediprasetyo

Dalam kasus ini, RJ akan dijerat dengan Pasal 363 Ayat 1 KUHP, dengan ancaman hukuman penjara 7 tahun.

Sementara dari tangan pelaku ini polisi juga mengamankan uang senilai Rp 6 juta, yang disinyalir merupakan hasil penjualan enam sapi curian yang berhasil dijual.

"Saya berencana hasilnya (mencuri) buat operasi, karena saya sakit batu ginjal," dalih RJ, ketika ditanya awak media. (Kontributor Kompas.com Gresik/Hamzah Arfah)

Artikel ini telah dipublikasikan Kompas.com dengan judul: Seorang Kakek Diamankan Polisi, Diduga Jadi Otak Pencurian Hewan Ternak

Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved