Breaking News:

Terkait Progres Pembangunan Tol Aceh, Jokowi: Saya Kaget Kecepatannya Luar Biasa

Jokowi mengatakan, meskipun pembangunan tol Sigli-Banda Aceh baru berjalan 14 bulan, pembebasan lahan sudah selesai di atas 90 persen.

Editor: Reza Dwi Wijayanti
TribunSolo.com/Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi turun dari pesawat kepresidenan. 

TRIBUNSOLO.COM -  Presiden Joko Widodo mengaku terkejut dengan perkembangan proyek pembangunan jalan tol Sigli-Banda Aceh.

Jokowi mengatakan, progres pembangunan jalan tol ini begitu cepat.

"Saya kemarin melihat progres perkembangan pembangunan jalan tol. Saya terus terang saja saya sampaikan, saya kaget kecepatannya luar biasa," kata Jokowi di hadapan masyarakat Aceh yang hadir dalam acara Kenduri Kebangsaan di Sekolah Sukma Bangsa, Bireun, Aceh, Sabtu (22/2/2020).

Jokowi mengatakan, meskipun pembangunan tol Sigli-Banda Aceh baru berjalan 14 bulan, pembebasan lahan sudah selesai di atas 90 persen.

Penjahit Kampung Siap Lawan Anak Jokowi di Pilkada Solo, Sudah Serahkan 41.000 KTP Bukti Dukungan

Berita Solo Terpopuler: Sengketa Rumah di Penumping hingga Kisah Dandim Solo Penjaga Kampung Jokowi

Padahal, selama ini, pembebasan lahan kerap menjadi kendala utama dalam proses pembangunan jalan tol.

"Artinya apa, ini harus ditambah untuk urusan konstruksinya karena pembebasannya di luar dugaan kami, kecepatannya luar biasa. Ini patut kita syukuri," ujar Jokowi.

Jokowi menambahkan, cepatnya pembebasan lahan dalam pembangunan jalan tol ini menunjukkan bahwa masyarakat mendukung penuh pembangunan infrastruktur.

Ia pun berkomitmen untuk menggenjot pembangunan infrastruktur, untuk mengejar ketertinggalan dengan negara-negara lainnya.

"Oleh karena itu pengerjaan infrastruktur ini betul-betul ingin kita percepat. Seluruh tanah air khususnya di Aceh," kata Jokowi.

Meski Tak Dipilih PDIP di Klaten, Ida Hartono Pakai Baju Kotak-kotak, Bukti Kesetiaan Kepada Jokowi?

Kisah Wiyata Dandim 0735/Surakarta, 15 Tahun Ditempa di Kopassus Kini Jaga Kampung Halaman Jokowi

Untuk diketahui, Tol Aceh merupakan proyek nasional yang nantinya akan menghubungkan Provinsi Aceh dengan daerah lain di Sumatra.

Ruas Tol Banda Aceh-Sigli sepanjang 73 kilometer terbagi dalam enam seksi. Seksi pertama Padang Tiji-Seulimeum sepanjang 25,2 kilometer, seksi kedua Seulimeum-Jantho 6,1 kilometer, dan seksi ketiga Jantho-Indrapuri 16 kilometer.

Kemudian, seksi keempat Indrapuri-Blang Bintang 14,7 kilometer, seksi kelima Blang Bintang-Kuto Baro 7,7 kilometer, dan seksi keenam Kuto Baro-Simpang Baitussalam 5 kilometer.

Keberadaan Tol Aceh ini diharapkan dapat memangkas jarak dan waktu tempuh dari Banda Aceh kesejumlah Kabupaten kota di Aceh.

(Fitria Chusna Farisa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Kaget Progres Pembangunan Tol Aceh Sangat Cepat"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved