Breaking News:

Virus Corona

DPR Tanggapi soal Wacana Belajar di Rumah hingga Akhir Tahun 2020 oleh Kemendikbud

DPR tanggapi soal rencana Kemendikbud yang menyiapkan skenario belajar dari rumah hingga akhir tahun 2020.

TribunSolo.com
Sejumlah siswa saat belajar di rumah Sugiyanto, Desa Sendang, KecamatanWonogiri, Kabupaten Wonogiri, Selasa (7/4/2020). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Komisi X DPR RI merespons rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang menyiapkan skenario belajar dari rumah hingga akhir tahun 2020.

Hal itu sebagai antisipasi jika wabah virus corona (Covid-19) masih belum berakhir di Indonesia hingga akhir tahun.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih, mengatakan ketentuan mengenai peliburan sekolah dan penutupan tempat umum lainnya dari aktivitas massal diatur dalam PP Nomor 21/2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala besar (PSBB).

Soal Foto Dirinya Ditempel di 1.000 Botol Hand Sanitizer, Bupati Klaten: Ada Kekeliruan di Lapangan

Menurutnya, skenario pembelajaran di rumah sangat tergantung dengan waktu penyebaran Covid-19 di Indonesia.

"Jadi, sejauh ini kita belum tahu apakah pemberlakuan PSBB di berbagai kabupaten/kota/provinsi akan berlangsung hingga akhir tahun. Karena sangat tergantung pada kondisi lapangan," ujar Fikri seperti dikutip TribunSolo.com dari Tribunnews.com, Senin (27/4/2020).

Politikus PKS ini mengatakan banyak peneliti maupun akademisi yang memperhitungkan wabah tidak akan berlanjut melebihi bulan Juli.

Ia berharap perhitungan para peniliti tersebut akan terwujud.

"Kita berharap banyak pada model-model periode wabah yang sudah banyak dihitung oleh lembaga penelitian pemerintah, maupun akademisi mendekati akurat. Bahwa wabah paling tidak akan berakhir sampai Juli tahun ini," ucapnya.

Hapus Hukuman Mati, Arab Saudi Ganti Hukuman Maksimal 10 Tahun Penjara untuk Anak di Bawah Umur

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mempersiapkan skenario belajar dari rumah (BDR) hingga akhir tahun ini.

Skenario ini dipersiapkan untuk mengantisipasi kemungkinan jika pandemi corona di Indonesia berlangsung hingga akhir 2020.

"Kami telah siapkan skenario jika Covid-19 sampai akhir tahun, maka semua siswa BDR selama satu semester penuh," ujar Plt. Dirjen PAUD Dikdasdikmen Hamid Muhammad saat dihubungi, Sabtu (25/4/2020). (Chaerul Umam)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Kemendikbud Siapkan Skenario Belajar di Rumah Sampai Akhir 2020, Apa Kata Komisi X DPR?"

Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved