Breaking News:

Ramadhan 2020

Bisa Berpotensi Dehidrasi, Berikut Tips Bagi Penderita Darah Rendah Saat Jalani Ibadah Puasa

Saat penderita darah rendah menjalani ibadah puasa, tentunya harus menjaga pola makan, agar tidak timbul gejala pusing atau pandangan kabur.

KOLASE TRIBUN VIDEO
Ilustrasi puasa Ramadhan 

TRIBUNSOLO.COM - Kini seluruh umat muslim di dunia tengah menjalanakan ibadah puasa.

Lalu bagaimana jika penderita darah rendah saat menjalani ibadah puasa?

Kisah Inul Daratista Pernah Disekap Sebulan Lebih di Batam Demi Honor Rp 100.000

Saat penderita darah rendah menjalani ibadah puasa, tentunya harus menjaga pola makan, agar tidak timbul gejala pusing atau pandangan kabur.

Dokter umum Prosehat dr Hanum Salsabila, menjelaskan efek darah rendah bisa muncul saat puasa satu di antaranya karena tubuh kekurangan cairan.

Bagi yang menderita darah rendah disarankan untuk minum air putih minimal dua liter dibagi saat sahur dan berbuka ditambah dengan mengonsumi buah yang banyak mengandung air.

"Darah rendah saat puasa bisa terjadi karena dehidrasi, kalau buah makan yang banyak boleh dimakan semangka," ungkap dr. Hanum saat Webinar Sehat Jaman Now, Rabu (6/5/2020).

Nutrition Specialist Youvit, Rachel Olson menambahkan buah-buah yang banyak mengandung air diantaranya seperti semangka, kelapa, jeruk sehingga menambah cadangan air saat berpuasa.

manfaat jika minum air putih selama sebulan penuh
manfaat jika minum air putih selama sebulan penuh (iStockphoto)

Soal Kebijakan Lawan Corona, Jokowi: Kita Beruntung Sejak Awal Memilih PSBB Bukan Lockdown

"Semua buah sangat baik, yang penting buah dengan kadar air tinggi termasuk melon yang bikin asupan air makin banyak," ucap Rachel.

Rachel menegaskan jangan takut buah membuat darah rendah karena semua buah punya vitamin beragam yang menambah metabolisme tubuh bagi penderita darah rendah.

Ada banyak buah yang bisa dijadikan makanan untuk diabetes. Akan lebih baik, buah-buahan ini dikonsumsi secara utuh tanpa perlu diolah.
Ada banyak buah yang bisa dijadikan makanan untuk diabetes. Akan lebih baik, buah-buahan ini dikonsumsi secara utuh tanpa perlu diolah. (Shutterstock)

"Sebenarmya buah-buahan enggak ada yang bikin darah rendah malah buah-buahan sangat baik untuk meregulasi tekanan darah gak usah takut makan buah," pungkas Rachel.

Halaman
1234
Editor: Naufal Hanif Putra Aji
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved