Info Kecantikan

Cara Menghindari Kalap Makan Hidangan Manis dan Berlemak saat Lebaran

Membayangkan memang enak, tapi kalau mengingat kandungan gula, garam dan lemak pada makanan tersebut sangat tinggi berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Sajian Sedap
Ilustrasi Opor Ayam 

TRIBUNSOLO.COM -  Pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah atau Lebaran pada hari Minggu 24 Mei 2020 mendatang.

Sudah terbayang makanan khas Lebaran yang akan disajikan pada hari Minggu mendatang.

Mulai dari ketupat sayur, opor ayam, rendah, kentang balado hingga berbagai kue kering seperti nastar, kastangel, putri salju.

Membayangkan memang enak, tapi kalau mengingat kandungan gula, garam dan lemak pada makanan tersebut sangat tinggi berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Sederet Makanan yang Harus Dihindari bagi Penderita Asam Urat, Jeroan hingga Seafood

Perhatikan Kalori Tak Terduga Dibalik Kue Lebaran yang Cantik dan Mungil

Moch. Aldis Ruslialdi, SKM, CNWC, Nutrition & Wellness Consultant Nutrifood menyebutkan saat lebaran tubuh pun masih beradaptasi ke pola makan normal.

Kalau langsung makan banyak perut akan mudah begah dan kalau yang tubuhnya sensitif, maka bagian punggung terasa kencang hingga pusing.

"Sebelum gejalanya makin tinggi, sebaiknya berhenti makan sebelum semakin kekenyangan," ungkap Aldis saat Webinar, Jumat (22/5/2020).

Untuk menahan makan berlebihan Aldis menyarankan agar sarapan dan banyak minum air putih sehingga perut sudah kenyang sehingga tidak makan ketupat berlebihan.

Benarkah Keseringan Pakai Hand Sanitizer Bisa Membuat Bakteri dan Virus Kebal? Simak Penjelasannya

Bacaan Niat Salat Idul Fitri 1441 H Sendiri atau Berjamaah, Lengkap Bacaan Latin dan Terjemahannya

"Saat Lebaran pagi-pagi sarapan dulu apalagi sekarang lagi di rumah saja melihat makanan perut bisa lah dikontrol supaya tidak meronta-ronta mau makan terus," kata Aldis.

Tips terakhir tutup makanaan atau alihkan pandangan dari makan untuk menghindari lapar mulut yang memancing ingin makan terus.

"Bisa dengan cara lauk pauk dan kue-kue ditutup dulu jangan dibuka semua itu ngaruh lho ke psikologi dan harus tetap optimalkan dengan olahraga supaya badan sehat," pungkas Aldis.

 (Apfia Tioconny Billy)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Tips Hindari Kalap Makan Hidangan Manis dan Berlemak Saat Lebaran

Editor: Reza Dwi Wijayanti
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved