Breaking News:

Virus Corona

Amankah Menggunakan Sabun Batangan Selama Pandemi Corona? Begini Penjelasannya

Seperti kita tahu, sabun batangan banyak dicari karena lebih berkelanjutan, lebih mudah ditemukan dan biasanya lebih murah daripada sabun cair.

Editor: Naufal Hanif Putra Aji
(shutterstock)
Ilustrasi sabun batang 

TRIBUNSOLO.COM - Pandemi corona di Indonesia belum juga berakhir.

Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah persebaran corona ke dalam tubuh. 

PMI Solo Rutin Ambil Darah untuk Terapi Plasma Darah Pasien Positif Corona

Kita semua tentu ingin melindungi diri dari virus corona, dan kita membuktikannya dengan memakai masker, mencuci pakaian kita dengan benar, dan mencuci tangan dengan sabun dan air sesering mungkin, yang secara efektif menghilangkan virus.

Sebagian besar dari kita merasa nyaman menggunakan sabun cair selama pandemi virus corona, karena memungkinkan setiap pengguna untuk memompa botol pencet mereka sendiri. Tapi bagaimana dengan sabun batangan?

Seperti kita tahu, sabun batangan banyak dicari karena lebih berkelanjutan, lebih mudah ditemukan dan biasanya lebih murah daripada sabun cair.

Apalagi itu satu-satunya pilihan sabun bebas plastik dan dapat digunakan untuk membersihkan tangan, tubuh dan wajah.

Tetapi ketika sabun batangan digunakan bersama dengan beberapa orang, apakah itu higienis dan aman untuk digunakan selama pandemi?

Atau sabun itu bisa menjadi tempat berkembang biak yang berbahaya untuk virus? Berikut adalah tanggapan dokter terkait hal ini.

Perlu digarisbawahi, sabun bekerja melawan virus corona dengan merusak membran lipid yang mengelilingi virus, dan menyebabkannya berantakan.

Sederhananya, ilmu pengetahuan telah menunjukkan bahwa virus tidak dapat hidup dengan sabun apa pun, termasuk sabun batangan.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved