Virus Corona

Corona Benar-benar Lenyap dari Wuhan : 9,9 Juta Warga Dites Ulang, Tak ada Satu pun yang Positif

Corona Benar-benar Lenyap dari Wuhan : Hasil Uji 9,9 Juta Warga, Tak ada Satu pun yang Positif

Hector RETAMAL / AFP
Orang-orang yang mengenakan pakaian pelindung dan masker tiba di Stasiun Kereta Api Hankou di Wuhan, untuk naik salah satu kereta api pertama yang meninggalkan kota di provinsi Hubei tengah China awal 8 April 2020. Pihak berwenang Cina mencabut larangan lebih dari dua bulan pada perjalanan keluar dari kota di mana pandemi global pertama kali muncul. 

TRIBUNSOLO.COM, CHINA - Bila menyebut nama Kota Wuhan di China, anda mungkin akan menghubungkannya dengan Virus Corona atau Covid-19.

Tidak salah memang, mengingat dari sinilah semua musibah pandemi Corona yang merepotkan orang sedunia ini muncul.

Dulu Buka Kafan & Mandikan Jenazah Covid-19, Kini Warga Sambi Boyolali Terima Kenyataan Jadi Positif

Update Vaksin Virus Corona: Uji Coba Pertama Vaksin Sudah Menunjukkan Hasil yang Aman

Nah, yang mencengangkan, kini Virus Corona yang masih bergentayangan di penjuru dunia, malah disebut benar-benar lenyap dari Wuhan.

Ya, pemerintah Kota Wuhan tidak menemukan kasus baru Covid-19, setelah melakukan tes massal terhadap seluruh penduduk di sana.

Mengutip Reuters, pejabat Wuhan pada Selasa (2/6) mengatakan, kota di China Tengah itu hanya menemukan 300 kasus tanpa gejala dalam uji virus corona yang bergulir pada pertengahan Mei lalu itu.

Wuhan meluncurkan kampanye ambisius pada 14 Mei, dengan menguji 9,9 juta orang, setelah kluster baru virus corona muncul di kota itu menimbulkan kekhawatiran gelombang kedua infeksi.

Tapi, Wuhan tidak menemukan kasus baru dalam pengujian 14 Mei hingga 1 Juni lalu, kata para pejabat kepada wartawan yang menambahkan, ada temuan kasus asimptomatik tapi tidak menular.

China tidak menghitung kasus tanpa gejala, yang berarti orang yang terinfeksi virus corona tetapi tidak menunjukkan gejala klinis seperti kasus Covid-19 yang terkonfirmasi.

Virus Corona diyakini telah melompat dari binatang ke orang-orang di pasar yang menjual satwa liar di Wuhan akhir tahun lalu.

Kota ini di bawah penguncian pada 23 Januari dan baru dicabut 8 April.

Wabah virus corona di Wuhan yang paling parah dari kota China mana pun, dan merupakan mayoritas dari total 4.634 kematian dan 83.022 infeksi di Tiongkok. (*)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul : Mencengangkan, tak ada satu pun kasus corona di Wuhan usai tes ke 9,9 juta penduduk

Editor: Aji Bramastra
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved