Breaking News:

Fenomena Gerhana Matahari Cincin

Daftar Wilayah Gerhana Matahari Cincin Minggu 21 Juni 2020 di Jateng, Ada Sragen Durasinya 9 Menit

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Iis Widya Harmoko tidak semua wilayah di Jateng dapat melihat fenomena langka itu.

TribunSolo.com/BMKG
ILUSTRASI : Penampakan puncak gerhana matahari cincin yang diabadikan oleh Tim BMKG dari Singkawang, Kalimantan Barat, Kamis (26/12/2019). Menurut daftar yang dirilis BMKG, fenomena astronomi gerhana matahari cincin akan melewati 25 kota/kabupaten di Indonesia pada Kamis hari ini.(HANDOUT/BMKG) 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Adi Surya Samodra

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Fenomena gerhana matahari cincin pada Minggu 21 Juni 2020 bakal terlihat di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk di Jawa Tengah (Jateng).

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Iis Widya Harmoko mengatakan, tidak semua wilayah di Jateng dapat melihat fenomena langka tersebut, karena hanya dapat diamati di beberapa daerah.

"Fenomena gerhana matahari cincin akan terjadi di beberapa wilayah Jawa Tengah, 13 kota saja yang bisa melihat dengan jelas fenomena tersebut," kata Iis kepada TribunSolo.com, Sabtu (20/6/2020).

Daftar Wilayah yang Bisa Mengamati Gerhana Matahari Cincin pada 21 Juni 2020 Mendatang

Bagaimana Tata Cara Shalat Kusuf/Gerhana Matahari saat Pandemi? Ini Penjelasan Ahli Ilmu Falak

Untuk wilayah di Jawa Tengah yang terlewati jalur Gerhana Matahari Cincin meliputi, Semarang, Ungaran, Pekalongan, Batang, Kendal, Demak, Kudus, Jepara, Pati, Purwodadi, Sragen, Rembang, dan Blora.

"Untuk di wilayah Solo Raya, fenomena gerhana matahari cincin hanya dapat dilihat di wilayah Kabupaten Sragen," ucap Iis.

"Durasinya hanya 9 menit saja, tidak begitu lama," tambahnya membeberkan.

Fenomena gerhana matahari cincin, lanjut Iis, terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris.

Saat itu, piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari sehingga menyebabkan matahari akan tampak seperti cincin saat puncak gerhana.

Iis menjelaskan durasi waktu terjadinya gerhana matahari cincin di setiap daerah berbeda-beda.

Halaman
1234
Penulis: Adi Surya Samodra
Editor: Asep Abdullah Rowi
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved