Breaking News:

Info Kesehatan

Masalah Kesehatan yang Bisa Timbul Karena Sering Overthingking: Fungsi Otak Terganggu

Overthingking menjadi salah satu cara yang dilakukan sebelum memutuskan sesuatu sehingga dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kesalahan.

Net
Ilustrasi 

TRIBUNSOLO.COM -  Overthingking menjadi salah satu cara yang dilakukan sebelum memutuskan sesuatu sehingga dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kesalahan.

Namun, taukah kalian jika overthinking itu tidak baik?

Jadi ketika kita memaksa untuk memikirkan sesuatu secara berlebihan, tubuh akan mengalami lonjakan kortisol yang bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Dikutip Kompas.com dari laman The Health Site, berikut ini lima masalah kesehatan yang timbul karena overthingking:

1. Fungsi otak terganggu

Overthingking bisa memicu stres yang berpengaruh pada kondisi otak kita. Pasalnya, hormon kortisol yang dihasilkan saat stres bisa merusak dan membunuh sel-sel otak di hipokampus.

Hipokampus adalah bagian dari otak besar yang berperan pada fungsi memori dan navigasi ruangan. Overthingking juga bisa mengubah struktur dan konektivitas otak.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Universoty of California juga membuktikan, overthingkang bisa memicu stres kronis yang menyebabkan masalah mental seperti kecemasan dan gangguan suasana hati.

Ternyata Makan Pisang Bisa Bantu Atasi Insomnia, Kok Bisa? Berikut Penjelasannya

Atlet Korea Choi Sook Hyun Meninggal Bunuh Diri, Diduga Jadi Korban Bully, Begini Pesan Terakhirnya

Reaksi Risma saat Sujudnya di Depan Dokter Dianggap Lebay dan Drama

2. Menganggu fungsi pencernaan

Overthingking bisa memicu stres yang mempengaruhi sistem pencernaan. Pasalnya, paparan stres berlebihan bisa memicu masalah pencernaan seperti radang usus, sindrom iritasi usus, perubahan motilitas gastrointestinal dan sekresi lambung.

Halaman
123
Editor: Reza Dwi Wijayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved