Breaking News:

Penanganan Covid

Vaksin Covid-19 Hanya untuk Mencegah Sakit Tak Menjadi Berat, yang Utama Protokol Kesehatan 3M

Sementara protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, hingga mencuci tangan) tetap menjadi yang primer atau utama.

Editor: Hanang Yuwono
Tribun Ambon/biro media_setpres
VAKSIN COVID-19 - Petugas cargo Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, mengangkut vaksin Sinovac, Corona, Selasa (8/12/2020) 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA -- Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan peran vaksin dalam mengatasi pandemi.

Ia mengatakan, vaksin merupakan upaya pencegahan sekunder dalam penanganan Covid-19.

Sementara protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, hingga mencuci tangan) tetap menjadi yang primer atau utama.

Baca juga: Pemerintah Pastikan Vaksin Covid-19 yang Berdar Nanti Bermutu Aman

Baca juga: Satgas Sebut Protokol Kesehatan dan Vaksin Saling Melengkapi: Penanganan Covid-19 yang Efektif

Sehingga, meskin vaksin telah ada kebiasaan baik 3M tetap dijalankan.

"Walaupun kita sudah mendapatkan vaksin Covid-19, 3M ini harus tetap kita terapkan. Supaya kita betul-betul terlindungi dari infeksi virus Covid 19," ujarnya dalam talkshow virtual, Jumat (11/12/2020).

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes ini melanjutkan, vaksinasi melengkapi protokol kesehatan 3M.

"Tujuan dari vaksinasi ini adalah tentunya, saat kita sakit maka sakitnya tidak menjadi berat," tutur Siti.

Sebanyak 1,2 juta vaksin Covid-19 Sinovac Biotech tiba di Indonesia pada Minggu (6/12). Kedatangan ini merupakan pengadaan tahap pertama vaksin dari China itu yang berjumlah total 3 juta vaksin.

1,2 juta vaksin Covid-19 yang tiba tersebut merupakan vaksin jadi yang ditinggal disuntikan.

Namun, sebelum melakukan penyuntikan, pemerintah harus menunggu izin penggunaan dari BPOM dan fatwa dari MUI. (Rina Ayu)

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona. TribunSolo.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Vaksin Covid-19 Tiba, Jangan Lengah Selalu Jaga Protokol Kesehatan, Tetap Disiplin 3M

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved