Breaking News:

Longsor di Sumedang Buat 14 Rumah dan 12 Orang Tertimbun, Terdengar Gemuruh Sekira 20 Detik

Sebanyak 12 orang diduga tertimbun material longsor di Dusun Bojong Kondang RT 003 RW 010, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang,

Editor: Agil Tri
Dok BPBD Sumedang/KOMPAS.com
Longsor menimbun 14 rumah di Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (9/1/2021). Ada 12 jiwa yang diduga tertimbun material longsor. 

TRIBUNSOLO.COM - Sebanyak 12 orang diduga tertimbun material longsor di Dusun Bojong Kondang RT 003 RW 010, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (9/1/2021) pukul 16.00 WIB.

Kepala BPBD Sumedang Ayi Rusmana mengatakan, longsor terjadi akibat tingginya intensitas curah hujan yang terjadi sejak Sabtu siang.

"Material longsor yaitu tebing setinggi 20 meter dan panjang 40 meter. Material longsoran menimpa 14 rumah hingga rusak berat," ujar Ayi, kepada Kompas.com, melalui WhatsApp, Sabtu petang.

Ayi menuturkan, di dalam rumah tersebut diduga ada 12 jiwa.

"Diduga ada 12 jiwa yang tertimbun material longsor," tutur Ayi.

Baca juga: Berjalan Terlalu Kekanan, Mobil Tabrak Motor di Overpass Singopadu 02 Sragen

Baca juga: Detik-detik Pesawat Sriwijaya Air Hilang Kontak, Turun 3.000 Meter Kurang dari Satu Menit

Baca juga: Siap Terapkan Aturan PSBB, The Park Mall Solo Baru Perketat Protkes dan Batasi Jam Operasional

Baca juga: Saran DPRD Karanganyar Jelang PSBB: Pasar Harus Dijaga Ketat

Saat ini, kata Ayi, pihaknya bersama Basarnas Bandung berada di lokasi kejadian dan masih melakukan upaya pencarian.

"Kami bersama Basarnas Bandung masih di lokasi, dan mencari korban yang tertimbun. Untuk sementara waktu menunggu alat berat dari Basarnas. Kebutuhan mendesak saat ini yaitu alat berat," kata Ayi.

Dikutip dari TribunJabar.com, Longsor Susulan di Cimanggung, Diduga Belasan Orang dalam Pencarian, Awak Media Hampir Tertimbun, Data yang dihimpun dari tim SAR Bandung, Seni, mengatakan bahwa longsor terjadi dua kali.

"Untuk korban secara keseluruhan, jika ditambahkan dengan longsor susulan barusan, diperkirakan ada belasan orang yang masih dicari," kata Seni di Grup Wartawan SAR Jawa Barat.

Bencana tanah longsor menimpa Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Senin (9/1/2021) sore.
Bencana tanah longsor menimpa Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Senin (9/1/2021) sore. (ISTIMEWA)

Berdasarkan keterangan dari sejumlah awak media yang berada di lokasi longsor, gemuruh suara longsor terdengar sekira 20 detik.

"Longsor susulan Cimanggung. Alhamdulillah rekan Tv selamat semua. Banyak yang luka-luka, termasuk saya luka bagian kaki,'' kata Husni.

Belum diketahui berapa jumlah korban yang pasti dan hingga berita ini diturunkan, tim SAR masih berusaha melakukan proses evakuasi.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Seksi Trantib Kecamatan Cimanggung, Suhanda saat ditemui di lokasi mengatakan, saat ini pihaknya telah menerjunkan satu alat berat ke lokasi untuk membantu pencarian korban yang tertimbun.

"Satu unit alat berat diterjunka untuk evakuasi," ujarnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Longsor Timbun 14 Rumah di Sumedang, 12 Warga Diduga Tertimbun"

Penulis : Kontributor Sumedang, Aam Aminullah
Editor : Robertus Belarminus

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved