Breaking News:

Penanganan Covid

Alasan Menkes Budi Tolak Pengusaha Masuk Penerima Prioritas Vaksin Covid-19

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin tolak pengusaha yang minta divaksin karena tenaga medis lebih membutuhkan.

Tangkap layar kanal YouTube Sekretariat Presiden
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. 

TRIBUNSOLO.COM - Penjelasan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin soal sejumlah pengusaha yang ingin jadi penerima prioritas vaksin Covid-19.

Menurut Budi, tenaga kesehatan jauh lebih membutuhkan ketimbang pengusaha.

Ungkapan ini disampaikan setelah adanya pengusaha yang datang minta untuk divaksin.

Baca juga: Ada Usulan Pengusaha Masuk Kategori Penerima Prioritas Vaksin Covid-19, Menkes Budi Menolak Tegas

Baca juga: Soal Izin Vaksin Covid-19, Menkes Tegaskan Tak Ada Intervensi ke BPOM

Baca juga: Sebut Vaksin Sinovac Aman, Dokter Tirta Siap Live Instagram saat Disuntik

"Teman-teman terutama di sektor kesehatan sebagai sektor yang paling depan menghadapi pandemi memang sangat dibutuhkan. Ditanya kenapa yang dikasih (vaksin Covid-19) ke tenaga kesehatan, ada pengusaha sudah datang minta vaksinasi Covid-19," ujarnya dalam webinar nasional "Kajian Hukum, Kewajiban Warga Negara mengikuti Vaksinasi", Sabtu (9/1/2021).

Budi mengatakan, tenaga medis dan kesehatan masuk dalam kelompok prioritas karena sehari-hari melakukan pekerjaan berisiko tinggi yakni berhadapan dengan virus.

"Ini perangnya berbeda dengan konvensional, di mana kalau ada musuh, ya, kita kirim tentara paling depan. Ini musuhnya (virus) tidak terlihat dan yang menghadapinya sehari-hari adalah nakes, yang terekspose dengan virus juga tenaga medis," ungkap Budi.

Terlebih kini, mantan wakil menteri BUMN ini mengungkapkan, ratusan dokter, perawat, dan petugas kesehatan meninggal dunia karena terinfeksi Covid-19.

Baca juga: Viral Tiktok Nakes di Purwakarta: Tolak Disuntik Vaksin Covid-19, Diiringi Backsound Presiden Jokowi

Baca juga: Penjelasan BPOM Terkait Tingkat Kemanjuran Vaksin Sinovac di Brazil dan Turki yang Berbeda

Baca juga: Tak Disarankan Langsung Pulang Usai Divaksin Sinovac, Ternyata Ini Alasannya

"Saya lihat yang terkena virus dan meninggal kita punya dokter. Padahal jumlah dokter yang kita miliki masih jauh dari jumlah yang dibutuhkan. Dan jika terus-menerus banyak yang fatal (meninggal) gara-gara Covid-19, bagaimana nanti kedepannya kita bisa menghadapi pandemi ini," tutur Budi.

Sehingga melalui vaksinasi Covid-19 ini, adalah cara  memberikan perlindungan maksimal pada dokter dan tenaga kesehatan di masa pandemi ini.

"Itu sebabnya kenapa kami berikan pertama kali pada tenaga kesehatan untuk memastikan bahwa mereka aman meski terlebih dahulu terpapar virus ini," ujarnya.

Catatan Redaksi:

Bersama kita lawan virus corona. Tribunsolo.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. ingat pesan ibu 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Menkes Budi Tolak Pengusaha Masuk Kategori Penerima Prioritas Vaksin Covid-19

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved