Breaking News:

Syarat ke Luar Kota Naik Mobil Pribadi saat PPKM Mikro Berlaku, Dimungkinkan Ada Tes Covid-19 Acak

Aturan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro mulai diterapkan per hari ini, Selasa (9/2/2021).

Editor: Naufal Hanif Putra Aji
TribunSolo.com/Ryantono Puji Santoso
Ilustrasi Kendaraan luar kota. 

TRIBUNSOLO.COM - Aturan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro mulai diterapkan per hari ini, Selasa (9/2/2021).

Aturan ini akan diberlakukan hingga 22 Februari 2021. 

Pasar Klitikan dan Depok Ramai saat PSBB, Soal Sanksi Penutupan Sementara, Ini Jawaban Pemkot Solo

Meski demikian, tetap ada sejumlah aturan yang harus dipatuhi bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan dan tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 7 tahun 2021 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pendemi Covid-19.

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, pengaturan perjalanan baik dalam negeri dan internasional masih sama dan berlaku hingga 22 Februari 2020.

"Mulai 9 sampai 22 Februari diberlakukan perpanjangan dari peraturan tersebut. Aturannya masih sama," kata Wiku dalam keterangan resminya secara virtual, Senin (8/2/2021).

Secara garis besar, tiap orang yang melakukan perjalanan wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan. Mulai dari penggunaan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mencuci tangan.

PPKM Skala Mikro, Berikut Zona yang Perlu Diketahui

Untuk perjalanan darat menuju Pulau Bali, baik menggunakan kendaraan pribadi atau umum, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau negatif rapid test antigen.

Sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan. Tak hanya itu, pelaku juga wajib mengisi e-HAC Indonesia sebelum berangkat.

Untuk perjalanan dari dan ke pulau Jawa serta di dalam pulau Jawa, baik antarprovinsi, kabupaten, atau kota, yang menggunakan transportasi umum darat akan dilakukan tes acak menggunakan rapid test antigen atau GeNose bila diperlukan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 daerah.

Pelaku perjalanan yang menggunakan mobil pribadi, diimbau melakukan tes RT-PCR atau rapid test antigen atau GeNose yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved