Breaking News:

Penanganan Covid

Siap-siap, Vaksinasi Covid-19 Sasar 6 Juta Guru, Ditargetkan Selesai Juni 2021

Vaksin tersebut ditargetkan rampung Juni ini, menyusul rencana pembukaan sekolah tatap muka yang berlangsung pada Juli 2021.

TribunSolo.com/Adi Surya
ILUSTRASI Petugas rumah sakit membawa boks berisi vaksin Covid-19 Sinovas di UPT Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Solo, Kelurahan Penumping, Kecamatan Laweyan, Senin (22/2/2021). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Pemerintah menyebut vaksinasi Covid-19 masih menyasar skala prioritas.

Saat ini vaksin Covid-19 disiapkan untuk jutaan pendidik dan tenaga pendidik di Indonesia.

Vaksin tersebut ditargetkan rampung Juni ini, menyusul rencana pembukaan sekolah tatap muka yang berlangsung pada Juli 2021.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Lansia di Indonesia Masih Rendah, Pemicunya Kekhawatiran Anggota Keluarga

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka Semakin Dekat, Tapi Mayoritas Guru di Sragen Belum Disuntik Vaksin Covid-19

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin berharap rencana dimulainya pembelajaran tatap muka ini akan diikuti oleh proses adaptasi yang cepat dari orang tua/wali, guru, dan murid itu sendiri.

Petugas UPT Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Solo memasukkan vaksin Covid-19 Sinovac ke dalam boks yang dibawa petugas kesehatan, Senin (22/2/2021).
Petugas UPT Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Solo memasukkan vaksin Covid-19 Sinovac ke dalam boks yang dibawa petugas kesehatan, Senin (22/2/2021). (TribunSolo.com/Adi Surya)

Sehingga seluruh proses pembelajaran bisa berlangsung dengan aman dan nyaman.

“Vaksinasi adalah salah satu strategi penting untuk mengakhiri pandemi Covid-19, dan untuk tenaga publik dan guru adalah salah satu yang harus kita selesaikan hingga akhir Juni. Kita harapkan proses belajar yang dilengkapi dengan vaksinasi dan protokol kesehatan yang baru bisa segera dimulai,” kata Menkes dalam konferensi pers virtual, Selasa (30/3/2021).

Ia memaparkan pendidik dan tenaga pendidik  berjumlah lebih dari 6 juta orang menjadi sasaran tertinggi dalam tahapan vaksinasi kategori petugas pelayanan publik.

"Jadi di sini saya melakukan konfirmasi dan penegasan bagi seluruh aparat pemerintah daerah bahwa bagi 17,6 juta petugas publik, pendidik itu yang paling tinggi prioritasnya dan paling banyak mendapatkan jatah," tegas Menkes Budi.

Diketahui, keputusan membuka kembali sekolah didasari oleh kegiatan vaksinasi yang telah menyasar Pendidik dan Tenaga Pendidik, maupun dampak sosial negatif berkepanjangan dari PJJ.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19)

“Vaksinasi bagi Pendidik dan Tenaga Pendidik menjadi prioritas vaksinasi COVID-19. Pemberian vaksin diberikan diseluruh jenjang secara bertahap baik negeri maupun swasta, baik formal maupun nonformal termasuk pendidikan keagamaan,” kata Mendikbud Nadiem Makarim.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Menkes: Vaksinasi Covid-19 untuk 6 Juta Guru Ditargetkan Selesai Juni 2021

Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved