Breaking News:

Berita Klaten Terbaru

Hadapi Pelaksanaan Ibadah Haji Tahun Ini, Ribuan Jemaah Calhaj Klaten Masuk Daftar Tunggu Vaksinasi

Kepala Kemenag Klaten, Anif Solikhin mengatakan, sebenarnya beberapa di antaranya yang berstatus lanjut usia (lansia) telah mendapatkan vaksin.

TribunSolo.com/Asep Abdullah
Jemaah tengah berada di lingkungan Masjid Nabawi di kota paling suci kedua dalam agama Islam di Madinah, Arab Saudi saat ibadah haji 2019. 

TRIBUNSOLO.COM, KLATEN - Sebanyak 1.140 calon jemaah haji di Kabupaten Klaten masuk daftar tunggu vaksinasi guna menghadapi pelaksanaan ibadah haji 2021.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Klaten, Anif Solikhin mengatakan, sebenarnya beberapa di antaranya yang berstatus lanjut usia (lansia) telah mendapatkan vaksin.

"Sudah jalan ya, tapi memang yang diutamakan dulu lansia," terang dia, Kamis (8/4/2021).

Ia melanjutkan, adapun jumlah CJH di Klaten sesuai dengan data CJH yang gagal berangkat tahun 2020 akibat pandemi sekitar 1.140 CJH.

Jumlah ini akan menjadi prioritas utama untuk diberangkatkan ke tanah suci pada musim haji tahun ini.

Baca juga: Ada Pesilat Tewas saat Latihan di Klaten, IPSI Jateng : Kami Prihatin, Silat Bukan untuk Unjuk Gigi

Baca juga: Shalat Tarawih Berjamaah di Klaten Boleh, Pemkab : Durasinya Diperpendek, Kalau Bisa 11 Rakaat Saja

Meski begitu, untuk jumlah kuota CJH yang bakal diberangkatkan ke tanah suci tahun 2021 ini, pihaknya belum mengetahui secara pasti sebab masih menunggu informasi dari pemerintah pusat.

"Klaten masih prioritaskan kuota tahun 2020 lalu ya, sekitar 1.140 calon jamaah haji. Itu juga merupakan target CJH yang butuh di vaksin. Untuk kuota berangkat kita juga belum tahu," ucap dia.

Meskipun belum mendapat kepastian kuota yang diberangkatkan, dikatakan Anif, Kementerian Agama RI telah memiliki sejumlah skenario untuk memberangkatkan CJH tahun 2021.

"Yang jelas Pak Menteri sudah punya skenario diberangkatkan sesuai dengan prokes. Nanti memberangkatkan atau tidak juga menunggu taklimatul hajj dari Pemerintah Arab Saudi," ulasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Calon Jemaah Haji di Klaten Sudah Masuk Daftar Penerima Vaksin COVID-19

Editor: Asep Abdullah Rowi
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved