Breaking News:

Heboh Insiden Baju Fabio Quartararo Terbuka saat Balap Berlangsung, Begini Klarifikasi Si Pembalap

Pasalnya pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo mengalami insiden chest protector lepas dan baju terbuka saat balapan berlangsung.

(Capture MOTOGP)
Rider Yamaha Fabio Quartararo membuka retsleting depan bajunya pada sesi-sesi akhir MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021). 

TRIBUNSOLO.COM - Kejadian tak biasa terjadi dalam seri balapan di MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021).

Pasalnya pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo mengalami insiden chest protector lepas dan baju terbuka saat balapan berlangsung.

Baca juga: Indonesia Racing Team Kembali Beri Kejutan di Ajang MotoGP, Pembalapnya Start Keempat GP Italia 2021

Pebalap asal Prancis itu tiba-tiba mengendarai motornya dalam kondisi chest protector atau pelindung dada lepas.

Insiden yang menimpa Fabio Quartararo itu terjadi saat balapan MotoGP Catalunya 2021 menyisakan 3 lap lagi.

Sempat berada di peringkat kedua, akhirnya Fabio Quartararo tercecer di peringkat ketiga dalam kondisi chest protector lepas dan baju terbuka.

Aksi Fabio Quartararo itu menjadi sorotan lantaran dianggap berbahaya ketika mengendarai motor dengan kecepatan 350 km/h dalam kondisi baju terbuka.

Sempat tertangkap kamera, chest protector yang dipakai Fabio Quartararo terlepas.

Belakangan diketahui pelindung dada itu memang sengaja dilepas Fabio Quartararo, hingga akhirnya rider berusia 22 tahun ini mengendarai motor dalam kondisi baju terlepas.

Terkait hal tersebut, Fabio Quartararo akhirnya angkat bicara membeberkan klarifikasi.

Ia mengakui membuka resleting baju kulitnya, namun ia mengaku bingung dengan kondisi yang terjadi.

"Saya benar-benar tidak tahu apa yang terjadi. Sesungguhnya baju saya benar-benar terbuka di tikungan pertama, saat lima atau enam lap tersisa, dan saya mencoba untuk memakainya lagi," kata Fabio Quartararo dikutip dari GP One.

"Tetapi saya tidak bisa melakukannya dan sulit untuk mengendalikan motor dalam kondisi seperti itu. Tapi sayangnya semua ini sudah terjadi," kata Fabio Quartararo.

Menurut Fabio Quartararo, saat ini pihak sponsor chest protector akan sepenuhnya menginvestigasi kejadian yang menimpanya.

"Alpinestars (sponsor chest protector) sedang melihat bagaimana mungkin hal itu terjadi di akhir balapan," ucapnya.

Baca juga: Beredar Isu Maverick Vinales Cabut dari Balap MotoGP, Kini Akun Twitternya Langsung Digembok

Pebalap MotoGP, Fabio Quartararo saat balapan dalam kondisi chest protector lepas dan baju terbuka di MotoGP Catalunya 2021, Minggu (06/06/2021). (motogp.com)
Pebalap MotoGP, Fabio Quartararo saat balapan dalam kondisi chest protector lepas dan baju terbuka di MotoGP Catalunya 2021, Minggu (06/06/2021). (motogp.com) (motogp.com)

 

Iapun menyadari balapan di MotoGP Catalunya 2021 bukanlah hari terbaik baginya meski ia sempat finish di posisi ketiga, namun harus turun ke peringkat 4 karena mendapatkan penalti.

"Ini bukan hari kami, meskipun saya bisa senang dengan posisi keempat ini, yah, ketiga, bahkan jika mereka menurunkan saya ke urutan keempat," kata Fabio Quartararo.

Diketahui Fabio Quartararo dihukum penalti tiga detik karena melebar saat beradu di tikungan tikungan 1 dan 2 dengan pebalap Ducati, Jack Miller.

Bahkan hukuman terhadap Fabio Quartararo ditambah, lantaran insiden sengaja melepas chest protector dan membalap dalam kondisi dada terbuka.

Aksi Fabio Quartararo tersebut dianggap melanggar aturan tentang peralatan keselamatan MotoGP dan penggunaan chest protector.

Akibatnya Fabio Quartararo dinyatakan finish di peringkat 6 yang membuat juara dunia Joan Mir dan rekan setimnya Maverick Vinales mengisi peringkat 4 dan 5.

Tentu hukuman itu mempengaruhi poin Fabio Quartararo di klasemen MotoGP.

Meski masih berada di puncak klasemen MotoGP, Fabio Quartararo kini cuma unggul 14 poin dari peringkat kedua Johann Zarco.

Tentang sanksi tambahan, Fabio Quartararo mengingatkan bahwa dirinya sudah mendapat sanksi yang cukup berat dengan turun ke peringkat empat dan tak ingin ditambah hukuman lagi.

"Saya sudah memiliki sanksi hari ini yang saya sebenarnya tidak setuju karena mereka memberi saya tiga detik dan saya turun dari posisi ketiga menjadi keempat," ucap rider Monster Energy Yamaha ini.

Ia juga mengajak untuk tak membicarakan insiden baju terlepas lantaran balapan MotoGP Catalunya 2021 telah usai.

"Saya pikir sanksi ini sudah cukup. Pada akhirnya balapan selesai, semua orang baik-baik saja, saya rasa tidak perlu membicarakan ini lebih banyak karena balapan sudah berakhir, tidak masuk akal untuk berbicara lebih banyak tentang kemungkinan ini," ungkapnya.

Klarifikasi Fabio Quartararo soal insiden chest protector lepas dan baju terbuka saat balapan di MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021). (Kolase TribunKaltara.com / Instagram @fabioquartararo20)
Klarifikasi Fabio Quartararo soal insiden chest protector lepas dan baju terbuka saat balapan di MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021). (Kolase TribunKaltara.com / Instagram @fabioquartararo20) (Kolase TribunKaltara.com / Instagram @fabioquartararo20)

 

Dikabarkan sejumlah pebalap MotoGP lainnya memprotes aksi Fabio Quartararo tersebut.

Bahkan ada pebalap yang nekat melaporkan insiden Fabio Quartararo agar mendapat pengurangan poin.

Terkait hal ini, Fabio Quartararo sempat menyindir lewat Instagram pribadinya setelah balapan di MotoGP Catalunya 2021.

"Selamat kepada semua orang yang mengadukan agar mendapatkan hukuman lain

Saya tidak membahayakan siapa pun seperti yang dikatakan pengendara lain dan sudah sulit bagi saya untuk mengendarainya.

Tapi itu bagus untuk melihat wajah asli beberapa orang.

Hanya Ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang mendukung saya dan membantu melalui saat-saat sulit sampai jumpa," tulis Fabio Quartararo di Instagram.

(*)

(TribunKaltara.com / Cornel Dimas Satrio K)

Artikel ini telah tayang di TribunKaltara.com dengan judul Klarifikasi Quartararo Soal Insiden Chest Protector Lepas dan Baju Terbuka di MotoGP Catalunya 2021, 

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved