Breaking News:

Hasil Survei SMRC: Pendukung Jokowi Berpotensi Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Survei SMRC menunjukkan, para pendukung setia Presiden Joko Widodo cenderung mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024.

Editor: Hanang Yuwono
Kolase Tribunnews (Instagram.com/jokowi dan ganjar_pranowo)
Jokowi (kiri) dan Ganjar Pranowo (kanan). Ganjar mengungkapkan pesan penting dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerja ke Jateng, Jumat (11/6/2021). 

TRIBUNSOLO.COM -- Pemilihan Umum 2024 masih jauh, sejumlah lembaga survei sudah melakukan analisa.

Salah satunya adalah Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Survei nasional terbaru mereka menunjukkan, para pendukung setia Presiden Joko Widodo cenderung mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024.

Baca juga: Ultimatum Jokowi ke Ganjar soal 11 Zona Merah di Jateng: Kalau Kesulitan, Bakal Kerahkan TNI-Polri

Baca juga: Ditanya Ganjar, Pasien Covid-19 di Technopark Sragen Curhat Kekurangan Bantal & Air Bersih

Survei yang dilakukan pada 28 Februari-8 Maret 2021 ini melibatkan 1064 responden yang dipilih secara random (acak) dan diwawancara secara tatap muka.

Margin of error penelitian adalah ± 3.07%.

Hasil survei dalam kategori top of mind, nama yang paling banyak didukung sebagai capres adalah Jokowi (15,2%).

Akan tetapi, mengingat Jokowi tidak akan maju kembali, penelitian ini juga mempelajari siapa saja tokoh yang potensial dan akan dipilih oleh para pendukung Jokowi.

Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas mengatakan, elektabilitas sangat bergantung pada awareness (kedikenalan) masing-masing calon.

Sehingga potensi elektablitas calon harus dianalisis secara lebih seksama.

Sejauh ini setidaknya ada 7 tokoh yang memiliki awareness di atas 50% yakni, Prabowo, Sandiaga Uno, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, AHY, dan Puan Maharani. 

Tapi tingkat awareness ke tujuh tokoh tersebut tidak sama. Prabowo sudah jauh lebih dikenal oleh warga (96%), di atas kedikenalan tokoh-tokoh lainnya.

“Jika awareness ketujuh tokoh tersebut sama, dalam analisis ditemukan bahwa pemilih Jokowi di top of mind paling banyak pindah ke Ganjar Pranowo (18,4%), diikuti Anies Baswedan (15,2%), Ridwan Kamil (13,1%). Sedangkan Prabowo hanya mendapat 9,2% dari pemilih Jokowi. Ini menunjukkan bahwa capres yang paling banyak didukung pencinta Jokowi adalah Ganjar,” jelas Abbas dalam rilis yang di rangkum Kontan.co.id, Minggu (13/6/2021).

Di sisi lain, survei SMRC ini juga menunjukkan bahwa pemilih yang puas dengan kinerja Presiden Jokowi lebih banyak mendukung Ganjar.

Sementara pemilih yang tidak puas dengan kinerja Presiden Jokowi lebih banyak mendukung Anies Baswedan.

Artikel ini telah tayang di kontan.co.id dengan judul ‘Hasil survei SMRC: Pendukung Jokowi dukung Ganjar Pranowo jadi presiden 2024'

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved