Breaking News:

Berita Klaten Terbaru

Kemenag Klaten Larang Salat Idul Adha di Luar Rumah, Berjamaah di Kampung Juga Tak Boleh

Ibadah Shalat Ied Idul Adha 1442 H/ 2021 M di di Kabupaten Klaten, secara resmi dilarang dilakukan di tempat ibadah, tempat terbuka serta gedung.

Penulis: Mardon Widiyanto | Editor: Aji Bramastra
tribunsolo.com/mardon
FOTO ILUSTRASI : Pengumuman tidak menyelenggarakan Salat Id terpasang di Masjid Raya Klaten dan Masjid Al - Aqsa, Sabtu (23/5/2020). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Mardon Widiyanto

TRIBUNSOLO.COM, KLATEN - Ibadah Shalat Ied Idul Adha 1442 H/ 2021 M di di Kabupaten Klaten, secara resmi dilarang dilakukan di tempat ibadah, tempat terbuka serta gedung.

Penyelenggaraan shalat Idul Adha di Kabupaten Klaten wajib dilakukan di rumah masing-masing.

Baca juga: Salat Idul Adha 2021 di Boyolali : Hanya Boleh di Rumah Saja, Warga akan Diberi Naskah Khotbah

Berdasarkan informasi yang dihimpun TribunSolo.com, pelaksanaan shalat Idul Adha di rumah saja didasari oleh Surat Edaran Menteri Agama RI nomor 17 tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah Malam Takbiran, Shalat Idul Adha dan Pentunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban Tahun 1942 H/ 2021 M di wilayah PPKM Darurat.

Selain itu pelaksanaan Shalat Idul Adha di rumah saja juga berdasarkan SE Kantor Surat Edaran Kementerian Agama Kabupaten Klaten Nomor 1989/Kk.11.10/6/HM.00/07/2021 tentang Sosialisasi SE Menteri Agama Nomor 17 tahun 2021.

Selain pelaksanaan Shalat idul Adha, dalam SE tersebut juga mengatur terkait penyelenggaraan malam takbiran dan penyembelihan hewan kurban.

Dalam isi SE tersebut tertulis bahwa dalam penyelenggaran malam takbiran dilaksankan dirumah masing-masing.

Sedangkan, dalam penyembelihan hewan kurban bisa dilakukan pada hari tasyrik dengan prokes ketat.

Anif Solikhin, Kepala Kantor Kemenag Klaten mengatakan, pelaksanaan Shalat Idul Adha di Kabupaten Klaten harus dilaksanakan di rumah warga masing-masing.

"Berdasarkan SE dari Menteri Agama RI, Shalat Idul Adha di Masjid, Musholla, tempat terbuka, Gedung dan sebagainya ditiadakan," kata Anif, kepada TribunSolo.com, Jum'at (16/7/2021).

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved