Breaking News:

Manfaat Wedang Uwuh

Manfaat Wedang Uwuh untuk Meredakan Sakit Kepala karena Sinus, Berikut Sejumlah Khasiat Lainnya

Adapun wedang uwuh memiliki komposisi dari jahe, sere, kayu manis, secang, dan cengkeh, membuat ada banyak manfaat wedang uwuh.

Editor: Naufal Hanif Putra Aji
Sajian Sedap/Virny Apriliyanty
Manfaat wedang uwuh. 

TRIBUNSOLO.COM - Wedang uwuh dikenal sebagai minuman tradisional yang memiliki segudang manfaat.

Minuman itu sangat familiar bagi masyarakat jawa, khususnya di wilayah Yogyakarta dan Solo.

Baca juga: Manfaat Wedang Uwuh sebagai Penguat Stamina Pria, Bila Diminum Rutin Bisa Tingkatkan Libido

Adapun wedang uwuh memiliki komposisi dari jahe, sere, kayu manis, secang, dan cengkeh, membuat ada banyak manfaat wedang uwuh.

Wedang uwuh juga populer dengan sebutan teh uwuh karena cara membuatnya yang mirip yaitu dengan diseduh air panas.

Racikan wedang uwuh dibuat dari beragam herbal yang berkhasiat. 

Pada wanita, wedang uwuh juga bisa melancarkan haid dan menyegarkan tubuh.

Dilansir dari Kompas.com, verikut ini bahan herbal yang terdapat dalam minuman ini beserta khasiatnya yang bisa kita siapkan sendiri di rumah;

1. Jahe

Diketahui bersifat antikoagulan yang bermanfaat dalam mencegah penggumpalan darah dan melancarkan darah haid.

Jahe juga mengandung antioksidan yang berguna untuk mengatasi radikal bebas. Jahe juga kaya minyak asiri berguna untuk meningkatkan fungsi jantung.

Kandungan mineral lain dalam jahe juga mampu memperkuat otot usus dan merangsang selaput lendir perut besar. Ini akan menguatkan lambung, memperbaiki dan melancarkan pencernaan.

 2. Kayu secang

Wedang uwuh yang berwarna merah berasal dari kayu secang (Caesalpinia sappan). Khasiat wedang uwuh dari bahan ini karena bersifat antioksidan, antikanker, melancarkan peredaran darah, dan melegakan pernapasan.

3.  Daun dan buah pala

Pala, baik bagian buah dan daunnya kaya dengan kandungan kimianya seperti saponin, polifenol, dan flavonoid. Zat ini ampuh dalam mengatasi insomnia, batuk berlendir, masuk angin, mengobati kejang otot, dan meredakan nyeri.

Herbal ini juga bersifat antiemetik (mengatasi rasa mual), stomakik (melancarkan pencernaan), dan karminatif (melancarkan buang angin). Tanaman ini juga baik untuk mengatasi rematik, melancarkan sirkulasi darah, dan meredakan nyeri haid.

4. Cengkeh

Cengkah mempunyai efek farmakologis sebagai antiseptik, perangsang (stimulan), anestetik lokal, menghilangkan kolik, dan peluruh kentut (icarminative).

Di dunia medis, minyak cengkeh dimanfaatkan untuk meredakan sakit gigi. Bunga cengkeh (Syzygium aromaticum) kaya minyak atsiri, asam galotanat, asam oleanolat, karyofilin, eugenol, fenilin, resin, dan gom.

Khasiat wedang uwuh dari herbal ini ampuh untuk mengobati rematik, radang lambung, sinusitis, campak, sakit gigi, batuk, sakit kepala, kembung, mual dan muntah, masuk angin, dan terlambat haid.

Baca juga: Manfaat Wedang Uwuh untuk Meningkatkan Kadar Hemoglobin, Simak Aturan Minumnya

5. Daun dan kayu manis

Selain rasanya yang manis, herbal ini juga berkhasiat sebagai antioksidan, mengatasi sakit perut, kembung, sakit kepala karena sinus, dan memulihkan rasa lelah, dan meningkatkan imunitas tubuh.

6. Kapulaga

Khasiat wedang uwuh dari bahan kapulaga juga kaya dengan kandungan protein, gula, lemak, minyak atsiri, sineol, terpineol,karvona, dan mineral penting lainnya. Kandungan ini ampuh sebagai obat batuk maupun untuk mencegah pengeroposan tulang.

7. Akar dan daun sereh

Akar sereh berkhasiat sebagai obat batuk, peluruh dahak, bahan kumur, peluruh air seni, peluruh keringat, dan menghangatkan badan. Begitupun daun sereh yang berkhasiat meredakan kejang, penurun panas, dan menambah nafsu makan.

Itulah beragam bahan herbal yang memberikan khasiat wedang uwuh untuk kesehatan tubuh dan mengatasi gangguan haid pada wanita.

Sedangkan gula batu digunakan dalam ramuan ini untuk tidak menghilangkan aroma dan citarasa asli herbalnya. Bisa juga bagi yang suka, tidak perlu menggunakan gulanya. (*)

Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved