Breaking News:

Berita Wonogiri Terbaru

UMK Wonogiri 2022 Terendah Nomor 2 Se-Jateng, Buruh Pasrah Terima : Yang Demo Biar Jakarta Saja

UMK Wonogiri 2022 ini pun ada di urutan dua UMK terendah se-Jawa Tengah

Penulis: Erlangga Bima Sakti | Editor: Aji Bramastra
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
ILUSTRASI BURUH : Massa yang tergabung dalam Konfederasi Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) dari para pekerja buruh melakukan demonstrasi di Jalan Agus Salim, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (30/10/2017). Tututannya adalah Cabut PP 78/2015 tentang Pengupahan, tolak upah sektor padat karya di bawah upah minimum, lawan sistem pemagangan, naikkan upah 31 persen. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Erlangga Bima Sakti

TRIBUNSOLO.COM, WONOGIRI - Upah minimum kabupaten atau UMK Wonogiri 2022 telah ditetapkan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Hasilnya, UMK Wonogiri tahun 2022 ditetapkan sebesar Rp 1.839.043,99.

Baca juga: Daftar Lengkap UMK Solo Raya 2022, Kota Solo Naik Paling Tinggi, Klaten Paling Tiarap

Dengan kata lain, jika dibandingkan dengan UMK Wonogiri 2021, besaran kenaikan UMK Wonogiri hanya sekitar Rp 12.000 saja.

UMK Wonogiri 2022 ini pun ada di urutan dua UMK terendah se-Jawa Tengah, atau hanya selisih Rp 3.000 dari posisi juru kunci, Kabupaten Banjarnegara. 

Menanggapi hal ini, Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia atau SPSI Wonogiri, Seswanto, mengatakan pihaknya merasa kurang puas dengan jumlah yang ditetapkan itu.

"Kalau ditanya puas atau tidak puas, ya kurang puas. Itu masih dibawah inflasi kenaikannya. Seyogyanya, minimal itu satu persen di atas inflasi," kata dia, Rabu (1/12/2021).

Dia menjelaskan, permohonan pihaknya agar besaran UMK naik diatas nilai inflasi adalah agar nilai mata uang itu sendiri tidak menurun.

Sehingga keputusan itu dinilai pihaknya sangat berat karena dianggap akan bisa menimbulkan masyarakat miskin baru di wilayah Wonogiri khususnya.

Ditambah, biaya kebutuhan di masa pandemi Covid-19 naik.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved