Imbas Kecelakaan Maut di Bantul, Bus Pariwisata Tak Boleh Naik Jalur Imogiri-Dlingo di Bukit Bego?

Kepala Dishub Bantul Aris Suharyanta menyatakan bahwa pihaknya masih akan melakukan kajian bersama Dishub DIY dan KNKT.

Penulis: Tribun Network | Editor: Asep Abdullah Rowi
Tribun Jogja/Miftahul Huda
Sebuah bus pariwisata rusak parah setelah mengalami kecelakaan di Jalan Imogiri-Mangunan, tepatnya di bawah Bukit Bego, Imogiri Bantul, Minggu (6/2/2022) siang. 

TRIBUNSOLO.COM - Imbas kecelakaan bus maut, ada evaluasi arus lalu lintas di jalur Imogiri-Dlingo di Bukit Bego, Kabupaten Bantul.

Terlebih hasil rapat koordinasi dengan forum lalu lintas antara Dinas Perhubungan (Dishub) dan Polres belum ada keputusan resmi.

Kepala Dishub Bantul Aris Suharyanta menyatakan bahwa pihaknya masih akan melakukan kajian bersama Dishub DIY dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) pekan depan.

Pasalnya, meski berada di wilayah Bantul, jalan Dlingo - Imogiri berstatus jalan provinsi.

"Sampai rakor kemarin belum ada putusan. Tapi kemarin dari kita, karena itu (jalur Imogiri - Dlingo ) jalan provinsi kita tidak berani menyetujui maupun menolak," ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa Kasat Lantas Polres Bantul dalam rapat koordinasi kemarin mengusulkan uji coba di mana setiap Sabtu Minggu bus diperbolehkan naik dari Imogiri dan keluarnya melalui jalur Patuk.

Terkait hal tersebut pihaknya akan berkoordinasi dengan Dishub DIY dan KNKT pada Senin (14/2/2022), sekaligus akan melakukan pengecekan lokasi.

Baca juga: Batal Dibuka karena Covid-19 Naik, PKL Alun-alun Karanganyar Lesu, Tak Jadi Keruk Pundi-pundi Uang

Detik-detik Kecelakaan Karambol di Klaten, Avanza Putar Balik Ditabrak Mira, Jalan Macet hingga 3 Km

Oleh sebab itu, Aris menyebut aturan bus dilarang melintas jalur Imogiri-Dlingo saat akhir pekan masih sebatas wacana.

Mengingat untuk menentukan rencana aturan tersebut masih perlu pengkajian lagi.

"Jadi baru wacana saja itu, mulainya kapan belum tahu karena baru ada usulan itu dan dalam rakor tidak disampaikan mulai kapan itu aturannya. Apalagi kita baru mau konsultasi dengan Dishub DIY besok Senin," tambahnya.

Dimakamkan Satu Liang Lahat

Korban kecelakaan bus pariwisata GA Trans di Jalan Imogiri-Mangunan di bawah Bukit Bego, Kabupaten Bantul sudah dimakamkan, Senin (7/2/2022). 

Sebanyak 6 jenazah dari 13 korban tragedi memilukan itu dikuburkan di satu liang lahat di Desa Mranggen, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo.

Ratusan pelayat berbondong-bondong mengantarkan jenazah ke tempat peristirahatan terakhirnya di TPU Gedong, Dusun Kedungrejo.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved