Berikut Bacaan Dzikir Sebelum Tidur, Agar Tidur Penuh Berkah

Berdzikir merupakan amalan yang disukai Rasulullah, oleh sebab itu Rasulullah tidak pernah melewatkan dzikirnya setiap hari.

Penulis: Tribun Network | Editor: Eka Fitriani
TribunWow.com/Oki Pratiwi
Ilustrasi umat Muslim berdoa 

TRIBUNSOLO.COM - Sebelum tidur, umat muslim hendaknya membaca doa serta mengamalkan beberapa amalan sunah, salah satunya berdzikir.

Berdzikir merupakan amalan yang disukai Rasulullah, oleh sebab itu Rasulullah tidak pernah melewatkan dzikirnya setiap hari.

Inilah mengapa dzikir menjadi salah satu sunah rasul yang dianjurkan oleh umat muslim.

Dzikir dapat dilakukan kapanpun waktunya, termasuk sebelum tidur.

Baca juga: Berikut 5 Keutamaan Membaca Bismillah dalam Keseharian, Salah Satunya Jadi Penghapus Dosa

Baca juga: Bacaan Doa Menjemput Jodoh, Berikut Amalan yang Dapat Mempercepat Menikah

Ada 13 dzikir yang bisa diamalkan sebelum tidur sehingga tidurnya penuh berkah, dapat ketenangan dan selamat dari gangguan.

Berikut bacaan dzikir sebelum tidur yang dikutip dari rumaysho:

1. Membaca Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas

Mengumpulkan dua telapak tangan. Lalu ditiup dan dibacakan surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas. Kemudian dua telapak tangan tersebut mengusap tubuh yang dapat dijangkau, dimulai dari kepala, wajah dan tubuh bagian depan. Semisal itu diulang sampai tiga kali.[1]

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ اللَّهُ الصَّمَدُ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah ilah yang bergantung kepada-Nya segala urusan. Dia tidak beranak dan tiada pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia.” (QS. Al Ikhlas: 1-4)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ مِن شَرِّ مَا خَلَقَ وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ  وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb yang menguasai Shubuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan-kejahatan wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki”. (QS. Al Falaq: 1-5)

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved