Cara Melaporkan PHK Sepihak yang Kerap Terjadi, Dapat Dilakukan Secara Online

Cara Melaporkan PHK Sepihak yang Kerap Terjadi, Dapat Dilakukan Secara Online

Penulis: Tribun Network | Editor: Eka Fitriani
TribunBatam.id/Wahyu Indriyatno
Ilustrasi pegawai di-PHK 

TRIBUNSOLO.COM - Phk sepihak kini tengah disorot karena ternyata ada banyak perusahaan yang masih melakukan hal tersebut.

PHK sepihak dilakukan saat perusahaan secara sepihak memang melakukan PHK kepada karyawannya.

Terutama jika sebelumnya tidak ada upaya yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Berdasarkan Pasal 178 ayat  UU Ketenagakerjaan, jika perusahaan melakukan phk sepihak, maka cara lapor phk sepihak adalah dengan melaporkan perusahaan tersebut pada instansi Ketenagakerjaan Pemerintah Kabupaten atau Kota, Pemerintah Provinsi hingga Pemerintah Pusat.

Disnaker (Dinas Ketenagakerjaan) merupakan salah satu lembaga yang bekerja untuk menaungi permasalahan yang berhubungan dengan ketenagakerjaan.

Baca juga: Cara Mengurus Surat Keterangan Ahli Waris, Minta Surat Pengantar RT/RW

Baca juga: Cara Mengurus Kartu BPJS Kesehatan yang Hilang Secara Online, Dwonload JKN di Play Store

Mulai dari PHK, tidak mendapatkan pesangon, atau permasalahan lainnya. Pengaduan disnaker online juga bisa dilakukan untuk membantu para pekerja menyelesaikan masalahnya dengan lebih mudah.

Bagaimana Cara Pengaduan Disnaker Online?

Pengaduan terhadap hal yang berhubungan dengan ketenagakerjaan biasanya akan dilakukan pengaduan online disnaker di wilayah bekerja masing-masing.

Setiap wilayah akan memiliki website resmi disnaker yang bisa Anda manfaatkan.

  • Pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari tahu website disnaker resmi yang ada di wilayah Anda bekerja.
  • Nantinya akan ada laman atau fitur yang memungkinkan Anda untuk bisa melakukan pengaduan terkait dengan ketenagakerjaan.
  • Cara pengaduan disnaker online Anda akan diminta untuk mengisi beberapa identitas diri seperti nama lengkap, email, alamat lengkap dan yang lainnya.
  • Pada laman atau bagian pengaduan tersebut, Anda bisa mengadukan atau menceritakan permasalahan yang berhubungan dengan ketenagakerjaan yang sedang dialami.
  • Nantinya pihak disnaker akan melakukan pemanggilan pada pihak yang bersangkutan agar dilakukan penyelesaian berdasarkan konsiliasi atau arbitrase.
  • Selain melakukan pengaduan melalui website resmi Disnaker di setiap wilayah, Anda juga bisa melakukan pengaduan melalui Kemnaker.go.id

Adanya pengaduan disnaker online ini biasanya akan dilakukan saat upaya musyawarah yang dilakukan oleh pekerja dan perusahaan gagal.

Jika upaya bipartit tersebut gagal, maka Anda bisa melakukan pengaduan ke disnaker online.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved