Viral

Terekam CCTV : Aksi Pria Curi Uang Wakaf di Masjid saat Bulan Puasa, Ekspresinya Malah Cengar-cengir

Pelaku pencuri uang donasi jemaah Langgar tersebut tersenyum semringah setelah berhasil membuka kunci gembok kotak wakaf.

Penulis: Tribun Network | Editor: Hanang Yuwono
Rekaman CCTV via Banjarmasin Post
Terekam CCTV aksi pencuri kotak wakaf di masjid 

TRIBUNSOLO.COM, BANJARMASIN -- Aksi pencurian di masjid kembali terekam kamera CCTV.

Terbaru, seorang pria ketahuan membongkar kotak wakaf di masjid.

Pria itu terlihat memiliki perawakan kurus tinggi dan mengenakan celana jins serta kemeja lengan panjang biru motif polkadot.

Ia mencuri uang kotak wakaf di Langgar Darul Hikmah, Jalan Keramat Manjang, Kelurahan Barabai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Rekaman aksi pria itu lantas diunggahn oleh pihak pengurus langgar melalui media sosial.

Baca juga: Aksi Pelaku Pencurian HP di Tulung Klaten Terekam CCTV, Pelaku Pakai Helm Pura-pura Beli Casing

Baca juga: Terekam CCTV, Maling Gondol 3 Motor dari Rumah Kost di Baki Sukoharjo

Terlihat di salah satu rekaman CCTV, pelaku pencuri uang donasi jemaah Langgar tersebut tersenyum semringah setelah berhasil membuka kunci gembok kotak wakaf yang diduga menggunakan obeng.

Dari hasil rekaman, aksi pencuri itu terjadi saat Sabtu (9/4/2022) sekitar pukul 09.50 Wita. Tetapi baru diketahui sekitar pukul 13.00 Wita.

Ekspresi pelaku pencuri uang kotak wakaf yang terekam CCTV, setelah beraksi di Langgar Darul Hikmah, Jalan Keramat Manjang Kelurahan Barabai Utara, Kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (10/4/2022).
Ekspresi pelaku pencuri uang kotak wakaf yang terekam CCTV, setelah beraksi di Langgar Darul Hikmah, Jalan Keramat Manjang Kelurahan Barabai Utara, Kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (10/4/2022). (TANGKAPAN REKAMAN CCTV BEREDAR DI MEDSOS HST)

Terkait jumlah uang yang digondol pencuri, Ketua RT 13 Manjang, Saprudin, saat dikonfirmasi Minggu (10/4), mengatakan, belum sempat dihitung.

“Itu hasil wakaf selama satu minggu, dari jemaah salah Zuhur dan Ahsar dari pedagang di pasar yang biasa salat di sini. Juga dari jemaah warga sekitar yang salat Magrib, Isya dan tarawih. Biasanya, dihitung mingguan. Kemarin, belum sempat dihitung,” ucapnya, dilansir dari Banjarmasin Post.

Ia menjelaskan, di Langgar Darul Hikmah ada enam titik yang dipasangi CCTV karena letaknya yang di pinggir jalan dan sudah sering kecurian.

Bahkan yang sampai diserahkan ke kepolisian ada 4 orang.

Tampak dalam rekaman CCTV saat pencuri beraksi terlihat wajah pelaku cukup jelas.

Apalagi, CCTV di rumah warga di seberang Langgar tersebut juga merekam pelaku yang mengendarai sepeda motor warga merah garishitam.

Pelaku memarkirkan sepeda motornya tersebut di depan Langgar.

Sebelumnya, ia terlihat mengintai sekitar langgar, diduga untuk melihat situasi

Sementara itu, ekspresi pelaku saat mencuri uang wakaf tersebut, membuat kesal warga.

Sebab, pelaku tampak tersenyum senang begitu berhasil membuka kotak amal dan membawanya kabur.

“Gemas melihatnya. Kalau tertangkap, harus diberikan hukuman agar ada efek jera,” ungkap salah satu warga Barabai, Hendra

Pelaku mengendarai sepeda motor kabur setelah mencuri uang di kotak wakaf Langgar Darul Hikmah, Jalan Keramat Manjang Kelurahan Barabai Utara, Kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (10/4/2022).
Pelaku mengendarai sepeda motor kabur setelah mencuri uang di kotak wakaf Langgar Darul Hikmah, Jalan Keramat Manjang Kelurahan Barabai Utara, Kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (10/4/2022). (Banjarmasinpost.co.id)

Ketua RT 13 Manjang pun menyatakan tak melaporkan peristiwa tersebut ke kepolisian. “Nanti kalau orangnya tertangkap, baru kami serahkan ke polres,” katanya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved