Ditemukan 15 Kasus Hepatitis Akut di Indonesia, Waspada Jika Anak Alami Diare, Lemas dan Susah Makan

Saat itu lanjut Menkes pihaknya langsung menerbitkan surat edarankepada seluruh rumah sakit dan Dinas Kesehatan agar terus melakukan monitoring

Penulis: Tribun Network | Editor: Rifatun Nadhiroh
Tribunnews
Ilustrasi Hepatitis Akut 

TRIBUNSOLO.COM - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyebut ada 15 kasus hepatitis akut yang hingga kini masih misterius penyebabnya alias 'Acute Hepatitis of Unknown Aetiology'.

Namun dari 15 kasus tersebut Menkes tidak menyebut apakah masuk kategori terkonfirmasi, suspek atau probable.

"Sampai sekarang kondisi di Indonesia ada 15 kasus (hepatitis akut misterius). Kalau di dunia paling besar (paling banyak) ada di Inggris berjumlah 115 kasus, kemudian di Italia, Spanyol, dan juga Amerika Serikat (AS)," kata Menkes saat memberikan Keterangan Pers Bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Kantor Presiden Jakarta, Senin(9/5/2022).

Baca juga: WHO Klasifikasikan Kasus Hepatitis Akut dalam 3 Kategori, Simak Penjelasannya

Menkes dalam paparannya menjelaskan pemerintah Indonesia langsung bergerak sesudah empat hari Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyampaikan adanya Kejadian Luar Biasa (KLB) di Eropa atau tepatnya pada 27 April 2022.

Saat itu lanjut Menkes pihaknya langsung menerbitkan surat edarankepada seluruh rumah sakit dan Dinas Kesehatan agar terus melakukan monitoring dan surveillance.

Gejala

Sementara itu Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Piprim B. Yanuarso menegaskan kasus hepatitis akut yang sudah menyebar di beberapa negara, termasuk Indonesia, belum diketahui penyebabnya.

Dia mengimbau agar masyarakat mengenali gejala penyakit tersebut untuk deteksi dini.

Baca juga: Bocah 11 Tahun di Tulungagung Ditemukan Tewas Mengambang di Kolam Ikan Milik Ayahnya

Piprim mengatakan gejala hepatitis akut bisa berupa perubahan warna urin menjadi gelap dan atau fesesnya pucat. Pada tahap lebih lanjut bisa terdapat kuning pada mata dan pada kulitnya.

"Kemudian bisa terjadi gejala gatal, bisa disertai nyeri sendi, atau pegal-pegal, mual dan muntah atau nyeri perut. Kemudian anak merasa lesu, lelah lemah dan kehilangan nafsu makan," kata Piprim.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved