Pengamat Sebut Duet Prabowo-Puan Maharani Ideal untuk Pilpres 2024 : Berpotensi Didukung Jokowi

Pertimbangan itu akan dilakukan presiden sebagai upaya agar tidak ada pekerjaan di eranya yang mangkrak alias tidak selesai.

Penulis: Tribun Network | Editor: Hanang Yuwono
Kolase Wartakotalive.com/Istimewa
Prabowo Subianto dan Puan Maharani Nakshatra Kusyala Devi diprediksi bakal diduetkan pada Pilpres 2024. 

TRIBUNSOLO.COM -- Ada dua nama yang potensial maju di Pilpres 2024, yakni Puan Maharani dan Prabowo Subianto.

Menurut Pengamat Politik dari Indonesia Public Institute (IPI) menilai, Presiden Joko Widodo ( Jokowi) akan mendukung pasangan calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2024 yang memiliki komitmen melanjutkan sejumlah program pembangunan di pemerintahannya.

Pertimbangan itu akan dilakukan presiden sebagai upaya agar tidak ada pekerjaan di eranya yang mangkrak alias tidak selesai.

Baca juga: Pengamat Sebut Jokowi-Megawati Bisa Tentukan Nasib Puan & Prabowo di Pilpres 2024: Mereka King Maker

Baca juga: Disamping Gibran, Crazy Rich Grobogan Joko Suranto Blak-blakan Puji Sosok Puan Maharani

"Saya duga Pak Jokowi akan berpikir ke sana, agar presiden dan wakil presiden mendatang dapat melanjutkan program pembangunan yang sudah berjalan," kata Karyono kepada wartawan, Minggu (15/5/2022).

"Nah tentunya, Pak Jokowi berharap agar tidak terjadi seperti pemerintahan sebelumnya, di mana banyak proyek pembangunan yang mangkrak dan itu tentu akan menjadi pertimbangan Pak Jokowi," imbuhnya.

Ketika disinggung soal nama Prabowo Subianto - Puan Maharani sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden, Karyono menilai paling rasional dengan keinginan Jokowi.

Dia berpendapat, kedua nama tersebut merupakan pilihan paling ideal bagi Presiden, ketimbang pasangan lainnya nanti.

"Kalau dari aspek itu, saya optimis figur Prabowo-Puan dapat dipercaya Pak Jokowi untuk melanjutkan program pembangunan strategis yang sudah dicanangkan dan dijalankan oleh Presiden Jokowi," ujarnya.

"Kalau dilihat dari aspek itu, dua figur ini lebih bisa dipercaya ketimbang calon lainnya," lanjutnya.

Meski demikian, Karyono tidak dapat memastikan apakah pasangan Prabowo-Puan sudah menjadi keputusan politik untuk ikut dalam kontestasi di Pemilu 2024 nantinya.

 "Saya sih belum terlalu yakin Paslon Prabowo-Puan sudah pasti akan diusung sebagai capres-cawapres. Saya meyakini ada periode atau waktu tertentu untuk melakukan evaluasi sebelum memutuskannya atau kemungkinan masih akan bisa berubah," ujarnya.

Sementara itu, sebelumnya pengamat Politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Robi Sugara menilai Presiden Jokowi dan Megawati Soekarnoputri akan berperan penting dalam pertarungan pemilihan presiden 2024 mendatang.

"Keduanya adalah king maker," ungkap Dosen FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dirinya menilai pilihan rasional secara politik dari dua king maker ini adalah memadukan antara Prabowo Subianto- Puan Maharani dalam pilpres 2014.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved