Reshuffle Kabinet

Zulkifli Hasan Langsung Blusukan Sehari Setelah Dilantik Jokowi, Kaget Harga Bahan Pokok Naik Semua

Mendag mengaku terkejut mendapat keluhan dari para pedagang dan pembeli saat melakukan kunjungan kerja ke Pasar Cibubur.

Penulis: Tribun Network | Editor: Hanang Yuwono
Tribunnews.com/Fersianus Waku
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat melakukan kunjungan perdana di Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (16/6/2022) 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan langsung bekerja sehari setelah dilantik Presiden Joko Widodo.

Zulkifli Hasan melakukan kunjungan kerja ke pasar tradisional, sehari dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai menteri pada Rabu (15/6/2022).

Rupanya, Mendag mengaku terkejut mendapat keluhan dari para pedagang dan pembeli saat melakukan kunjungan kerja ke Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (16/6/2022).

"Kami tadi melihat harga-harga, saya terus terang shock juga ya karena tadi tuh pembeli ngeluh, yang dagang juga ngeluh. Terasa sekali memang beban hidup itu meningkat," kata Zulkifli usai meninjau sejumlah lokasi toko bahan pokok.

Kata Zulkfili, semua harga bahan pokok saat ini hampir semuanya mengalami kenaikkan, kecuali harga beras tetap stabil.

Baca juga: Jurus Mendag Zulkifli Hasan Jinakkan Harga Minyak Goreng yang Mencekik, Akui Sudah Punya Formula

Baca juga: Usai Dilantik Jadi Mendag, Zulkifli Hasan Janji Bereskan Masalah Minyak Goreng : Kasihan Rakyat

"Cabai rawit merah saja naik 30 persen dari Rp 80 ribu naik menjadi Rp 110 ribu, bawang merah naik 20 persen, telur kemarin sempat Rp 26 ribu tapi sekarang Rp 29 ribu per kilo, daging ayam tadi juga Rp 21 ribu sampai Rp 22 ribu tapi sekarang Rp 26 ribu," papar Zulkifli.

Zulkifli menyebut saat ini harga daging sapi juga juga naik tetapi terjadi penurunan pembelian dari masyarakat karena adanya isu penyakit mulut kaki (PMK).

Lalu, tempe juga mengalami kenaikan karena bahan bakunya dari impor yaitu kedelai, dari sebelumnya harga tempe Rp 7 ribu sampai Rp 8 ribu menjadi Rp 12 ribu.

"Keluhan sungguh tidak mudah, kami harus kerja cepat, tentu domainnya Kementerian Perdagangan, bayangin cabai, tentu kami bersama Menko koordinasi dengan Kementerian Pertanian," ujarnya.

"Cabai penyakit tiap tahun, padahal kita sepanjang tahun nanam cabai. Ada persoalan jangka pendek, panjang atasi ini," sambung Zulkifli.

Dalam momen bersamaan, Mendag terlihat bertanya terkait sejumlah harga sembako pada saat ini.

"Telur bagaimana pak?" tanya Zulkifli.

"Rp 28 ribu per kilo pak," ucap pedagang telur bernama Rizki.

"Turun apa naik itu Pak?," tanya Zulkifli kembali ke pedagang.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved