Berita Nasional

Zulkifli Hasan Minta Waktu 1 Bulan ke Jokowi untuk Turunkan Harga Minyak Goreng, Sebut Tak Ada Mafia

Zulkifli Hasan dan Luhut Binsar Pandjaitan kompak meminta waktu satu bulan agar bisa menurunkan harga minyak goreng curah kembali ke Rp14 ribu.

Penulis: Tribun Network | Editor: Hanang Yuwono
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau harga bahan pokok di Pasar Koja, Jakarta, Jumat (17/6/2022). Mendag Zulkifli Hasan meminta waktu satu bulan untuk menurunkan harga minyak goreng curah. 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pertanyaan kepada Zulkifli Hasan dan Luhut Binsar Panjaitan soal harga minyak goreng dalam Sidang Kabinet di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Di depan Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan yang baru saja dia lantik, Jokowi menanyakan kapan harga minyak goreng curah akan merata di Indonesia.

Mendengar pertanyaan Jokowi,  Zulkifli Hasan dan Luhut Binsar Pandjaitan kompak meminta waktu dua pekan sampai satu bulan agar bisa menurunkan harga minyak goreng curah kembali ke Rp14 ribu per liter.

“Saya tadi menanyakan ke pak Menko Marinves (Menteri Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan), nanya juga pagi tadi kepada pak Mendag yang baru, masih minta waktu dua minggu sampai satu bulan agar merata,” ujar Jokowi, dikutip dari Tribunnews.com.

Baca juga: Cak Imin Sebut Mendag Zulkifli Hasan Akting Kaget Soal Harga Naik, PAN: Sesama Koalisi Kok Menyindir

Sebelumnya, Jokowi sendiri mengaku senang melihat harga minyak goreng di sejumlah pasar di Jawa Barat dan Banten sudah Rp14 ribu.

Sebab harga tersebut sesuai dengan HET yang ditetapkan pemerintah.

Namun, harga minyak per liter Rp 14 ribu nyatanya belum merata di semua wilayah Indonesia.

“Saya senang kemarin datang di beberapa pasar di Jabar dan kemarin saya di Provinsi Banten, minyak goreng untuk yang curah sudah di 14 ribu,” kata Jokowi.

Baca juga: Jurus Mendag Zulkifli Hasan Jinakkan Harga Minyak Goreng yang Mencekik, Akui Sudah Punya Formula

Setelah selesai sidang kabinet, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengklaim sudah menemukan biang kerok kenapa harga minyak goreng curah belum bisa turun ke Rp 14 ribu di sejumlah wilayah.

Menurutnya, untuk menyelesaikan masalah minyak goreng curah ini paling tidak membutuhkan waktu 30 hari.

“Saya yakin targetnya satu bulan selesai. jadi satu yang sudah biasa kita jalankan,” jelasnya. 

Kata Zulkifli Hasan, penyebab kenaikan harga minyak goreng dipengaruhi keterlambatan pemerintah dalam mengatasi stok CPO.

"Saya kira tidak mafia. Ini kan ada kenaikan harga booming. Teman-teman (yang) punya CPO langsung jual cepat. Nah, ada keterlambatan kita antisipasi, kemudian dia mau dilonggarkan. Lalu kurang CPO-nya. terlambat gitu," jelasnya.

Jokowi sendiri memastikan, pemerintah sudah berkomitmen terus memberikan subsidi kepada masyarakat meski beban fiskal negara saat ini berat.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved