Berita Klaten Terbaru

Info Wisata di Klaten : Bukit Sidoguro Lebih Ciamik, Bakal Dibangun Cafe-cafe Asyik Buat Nongkrong

Pemkab Klaten mendapatkan bantuan sebesar Rp 5,6 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk menata objek wisata Bukit Sidoguro.

Penulis: Tribun Network | Editor: Asep Abdullah Rowi
TribunSolo.com/Dok Diskominfo Klaten
Penampakan Bukit Sidoguro di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Tahun depan bukit untuk wisata itu akan dipermak kembali. 

TRIBUNSOLO.COM, KLATEN - Pernahkan Anda berwisata di Bukit Sidoguro Klaten yang menawarkan pemandangan Rawa Jombor?

Ya, spot wisata di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat akan dipermak kembali.

Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan, Pemkab mendapatkan bantuan sebesar Rp 5,6 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk menata objek wisata tersebut.

Penataan kawasan dimaksudkan untuk melengkapi fasilitas penunjang seperti gedung, musala dan area spot-spot untuk berfoto.

"Tahun ini akan dibangun kafe-kafe dan lainnya guna melengkapi fasilitas yang ada," ucapnya dilansir dari Tribunjogja.com, Minggu (3/7/2022).

Menurut Mulyani, Bukit Sidoguro ini selama tiga tahap mendapat bantuan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kratif (Kemenparekraf) untuk mempercantik kawasan tersebut.

"Saya sudah matur langsung agar beliau (Menteri Parekraf) saya suwun rawuh (ke Bukit Sidoguro) dan beliau akan jadwalkan untuk rawuh," ucap Yani.

Disamping itu, lanjut Mulyani, pihaknya juga tetap mengupayakan pembangunan kereta gantung di Bukit Sidoguro tersebut.

Namun sampai tahap ini masih penjajakan dengan beberapa investor.

Baca juga: CFD Perdana di Klaten Tercoreng Sampah Berserakan, Warga Bingung Mau Buang Tak Ada Tempat Sampah

Baca juga: Tekuk SSB New Soccer Karanganyar, Tim SSB New Tugu Muda Semarang Juarai Kapolres Cup 3 Sukoharjo

"Untuk investor kereta gantung yang sudah pernah saya ajak saat ini masih menghitung karena kemarin ada pandemi kan. Kereta gantung ini masih saya perjuangkan untuk melengkapi fasilitas yang ada," akunya.

Kepala Disbudparpora Klaten , Srinugroho menambahkan bahwa untuk penataan objek wisata Bukit Sidoguro, Pemkab Klaten tahun ini dapat bantuan dari DAK sebesar Rp 5,6 miliar.
 
"Kalau ini nilainya Rp 5,6 miliar dari DAK. Sudah lelang dan sudah tahap kualifikasi, mungkin bulan depan sudah mulai," ucapnya.

Menurut Nugroho, beberapa penataan dan pembangunan fisik dari dana DAK tersebut yakni untuk membangun perkantoran, gedung serbaguna, kafe, musala dan spot-spot lainnya.

"Kalau untuk Kijang (rusa) belum jadi. Ini kemarin saya sudah koordinasi namun biaya dan pemeliharaan agak besar dan kita masih berhitung," imbuhnya.

Ia berharap, dengan adanya penataan kawasan Bukit Sidoguro, dapat meningkatkan kunjungan ke objek wisata yang berada di sekitar Rawa Jombor tersebut. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved