Berita Sukoharjo Terbaru

Warga Simpatisan Khilafatul Muslimin di Sukoharjo Dapat Edukasi Soal Kebangsaan, Ini Pesan Kapolres

Simpatisan Khilafatul Muslimin mendapatkan edukasi kebangsaan oleh Polres Sukoharjo, Kodim Sukoharjo, dan Kesbangpol.

Istimewa/Polres Sukoharjo
Pemberian wawasan kebangsaan kepada simpatisan Khilafatul Muslimin di Polokarto Sukoharjo, Minggu (17/7/2022). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Erlangga Bima Sakti

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Warga Polokarto Sukoharjo yang termasuk dalam simpatisan Khilafatul Muslimin mendapat pembinaan wawasan kebangsaan.

Kegiatan edukasi dan wawasan kebangsaan bertema Cinta NKRI itu digelar oleh Polres Sukoharjo, Kodim 0726 dan Kesbangpol pada Minggu (17/7/2022) di pendapa kecamatan setempat.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Sukoharjo, Gunawan Wibisono, menuturkan kegiatan itu digelar dengan tujuan menjaga situasi Kamtibmas.

Baca juga: Polisi Hadirkan Saksi Ahli untuk Dalami Kasus Khilafatul Muslimin di Klaten 

"Ketentraman dan ketertiban tanggung jawab kita semua, bukan tanggung jawab Polisi, TNI dan Kabupaten saja," kata dia dalam sambutan.

Gunawan menjelaskan, pihaknya memfasilitasi dan ingin mengetahui secara pasti terkait apa yang diketahui masyarakat tentang Khilafatul Muslimin.

Menurutnya, jangan sampai masyarakat setempat resah dengan kehadiran kelompok Khilafatul Muslimin di tengah-tengah masyarakat.

"Kita disini tidak untuk menghakimi, kami dari pemerintah melaksanakan tugas pembinaan,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan kegiatan tersebut digelar agar simpatisan warga Khilafatul Muslimin mendapat wawasan kebangsaan.

Kapolres menjelaskan, pendiri organisasi Khilafatul Muslimin pernah bergabung dengan kelompok Negara Islam Indonesia (NII).

Menurutnya, NII ingin mendirikan negara agama dan mempunyai visi yang sama dengan kelompok Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

"Sehingga dianggap bertentangan dengan falsafah bangsa dan berpotensi memecah belah negara karena ingin mendirikan negara diatas negara," pungkasnya. (*)

Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved