ASEAN Para Games di Solo

Atlet Badminton ASEAN Para Games XI 2022 Asal Matesih Disambut Bak Artis, Sukses Sabet Perunggu

Warga mengapresiasi prestasi Yunia Widya Irianto di ajang ASEAN Para Games XI 2022. Mereka menyambut kepulangannya dengan meriah.

Istimewa/Polsek Matesih
Yunia Widya Irianto (21), disambut warga Dusun Lor Pasar, Desa Matesih, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Minggu (7/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Mardon Widiyanto

TRIBUNSOLO.COM, KARANGANYAR - Ratusan warga Dusun Lor Pasar, Desa Matesih, Kabupaten Karanganyar menyambut kedatangan Yunia Widya Irianto (21) dengan meriah, Minggu (7/8/2022) siang.

Perempuan 21 tahun tersebut disambut tetangganya sendiri karena telah membawa harum kampungnya dengan meraih dua medali perunggu dalam ajang Asean Para Games 2022.

Anak ketiga dari tiga bersaudara dari Guntur Prasetyo Irianto (61) dan Sri Rahayu (52) meraih dua perunggu di ASEAN Para Games XI 2022 dalam cabang olahraga Badminton tunggal dan ganda.

Srihadi, Kadus  Lor Pasar, Desa Matesih, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar mengatakan, penyambutan Yunia Widya Irianto diusulkan pada rapat panitia kemerdekaan ke-77 RI.

"Warga mengusulkan dia (Yunia) disambut tanpa sepengetahuan Yunia, maupun keluarga," kata Srihadi kepada TribunSolo.com, Selasa (9/8/2022).

Srihadi mengatakan dalam penyambutan Yunia, menggunakan iuran warga setempat.

Baca juga: Terjawab, Misteri Kursi Kosong saat Closing Ceremony ASEAN Para Games 2022, Gibran Minta Maaf 

Dia mengatakan, penyambutan tersebut dilakukan sebagai simbol kebanggaan warga setempat karena telah mengharumkan nama Dusun Lor Pasar di kancah dunia olahraga paralimpik se benua Asia 2022.

"Penyambutan Yunia, kami buat sebagaimana seperti tamu kehormatan, warga yang mengikuti arak-arakan tersebut ada 150 orang," ungkap Srihadi.

Dia mengatakan, penyambutan warganya tersebut dimulai saat Yunia diturunkan di terminal pasar Matesih dan dijemput dua ketua RT.

Saat menuju ke rumah Yunia, dilakukan arak-arakan serta digelar upacara dengan memberikan hadiah bunga kepada yunia.

"Kami memberikan bunga kepada yunia sebagai apresiasi, kami juga mendapat dukungan dari koramil dan polsek matesih berupa fasilitas untuk mengarak dia di jalan kampung dan jalan raya besar," ujar Srihadi.

Sementara itu, Sri Rahayu (52), ibu Yunia Widya Irianto mengaku bangga kepada anaknya yang meraih medali dalam ASEAN Para Games XI 2022.

Dia mengaku, dirinya tak mengetahui tetangganya membuat acara penyambutan terhadap anak bungsunya.

"Kami Senang dan bangga bisa membawa harum bangsanya, Saya juga berterima kasih kepada warga, disambut dan diarak sampai di rumah, saya juga gak tau kalau ada kejutan buat anak saya," ucap Sri Rahayu. (*)

Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved