Doa Setelah Salat Wajib

Doa Setelah Salat Wajib agar Terhindar dari Pikiran Buruk dan Menjaga Hawa Nafsu

Ada banyak doa yang bisa dilantunkan setelah salat wajib, salah satunya adalah doa agar selalu terjaga dari hawa nafsu duniawi.

Penulis: Tribun Network | Editor: Hanang Yuwono
Tribunjabar.id/Gani Kurniawan
Ilustrasi shalat wajib di rumah. Berikut ini bacaan doa setelah salat wajib. 

TRIBUNSOLO.COM -- Simak kumpulan doa setelah salat wajib berikut ini.

Membaca doa setelah salat wajib atau salat fardhu merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan untuk menambah amalan.

Selain doa setelah salat wajib, Umat Muslim juga dianjurkan berzikir, sebagaimana dua hal itu dulu dilakukan Nabi Muhammad SAW.

Baca juga: Doa Setelah Salat Wajib Agar Terhindar dari Sihir, Amalkan untuk Menangkal Santet dan Hal Mistis

Ada banyak doa yang bisa dilantunkan setelah salat wajib, salah satunya adalah doa agar selalu terjaga dari hawa nafsu duniawi.

Allah berfirman dalam surat Yusuf Ayat 53 yang artinya: Dan aku tidak (menyatakan) diriku bebas (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu mendorong kepada kejahatan, kecuali (nafsu) yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Dalam sebuah hadis Nabi dituturkan, Rasulullah benar-benar menyuruh bagi umat Islam untuk mengendalikan nafsu dengan sebuah analogi peperangan.

Analogi tentang betapa beratnya melawan hawa nafsu yang bergejolak dalam diri.

Perintah Nabi dalam sebuah hadis, 'Berjuanglah untuk melawan hawa nafsumu sebagaimana kamu berjuang melawan musuh-musuhmu.''

Meski begitu, Nabi juga mengajarkan sebuah doa untuk melawan dan mengendalikan hawa nafsu ini. Anda bisa membaca doa ini setelah salat wajib maupu di waktu-waktu mustajab lain untuk doa.

Baca juga: Doa Setelah Salat Wajib agar Lulus Ujian dan Hati Tenang

Doa Mengendalikan Hawa Nafsu

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved