Berkat Kompor Induksi dari Program PLN, Warga Kota Solo Semringah, Kini Bisa Hemat Sampai 40 Persen

Setelah beberapa minggu berjalan, manfaat kompor induksi kian dirasakan oleh para penerima manfaat program ini di Solo.

Editor: Hanang Yuwono
dok. PLN/TRIBUNSOLO.COM
PLN sukses menggelar pilot project konversi kompor LPG ke kompor induksi di Kota Solo. 

TRIBUNSOLO.COM, SOLO -- PLN sukses melaksanakan pilot project konversi kompor LPG ke kompor induksi di Solo dan sekitarnya.

Total, sebanyak 1.000 kompor LPG milik masyarakat berhasil dikonversi ke kompor induksi.

Setelah beberapa minggu berjalan, manfaat kompor induksi kian dirasakan oleh para penerima manfaat program tersebut, salah satunya adalah Marni. 

Dia mengakui menggunakan kompor induksi jauh lebih hemat dibandingkan kompor konvensional, tidak seperti yang dibayangkan masyarakat umumnya.

Baca juga: PLN Bagikan Seribu Bendera Merah Putih di Jateng-DIY untuk Semarakkan HUT ke-77 RI

“Sebelumnya setiap bulan saya bayar listrik itu kurang lebih 50 ribu, sedangkan untuk masak memerlukan biaya hingga 90 ribu buat beli 4-5 tabung gas per bulan, jadi totalnya sekitar 140 ribu-an. Sekarang setelah pakai kompor induksi, pengeluaran saya perbulan jadi seratus ribu-an dan sekarang saya tidak perlu beli gas lagi. Jadi dengan kompor induksi terbukti lebih hemat,” ungkap Marni.

Dengan asumsi harga tabung gas LPG Rp 18 ribu, jumlah biaya yang harus dikeluarkan Marni untuk memasak antara Rp 72 ribu – Rp 90 ribu setiap bulannya.

Setelah menggunakan kompor induksi ia cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp 50 ribu, dengan kata lain terdapat penghematan sampai dengan 40 persen perbulannya.

Ia menambahkan, dirinya sudah menggunakan kompor induksi dari 1 bulan ke belakang dengan pemakaian rutin untuk masak sehari-hari dan masak bahan baku cendol untuk berjualan.

Baca juga: Konser Dream Theater di Solo Sukses, Gibran Apresiasi Dukungan PLN Pulihkan Ekonomi Lewat Musik

Selain dari sisi biaya, dari segi pemakaian kompor induksi jauh lebih praktis karena tidak perlu memasang selang ke tabung gas, selain itu tingkat panas dapat diatur sehingga masakan lebih cepat matang, dan tentu saja lebih aman karena tidak menggunakan api.

Konversi kompor LPG ke kompor induksi ini merupakan wujud kontribusi PLN dalam menjalankan program pemerintah untuk menekan ketergantungan impor LPG yang terus membengkak setiap tahunnya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved