Berita Nasional

Daftar 85 Merek Obat Sirup yang Dilarang Sementara Imbas Kasus Ginjal Akut

Kemenkes dan BPOM saat ini mengaku masih melakukan pengujian bahan dari obat tersebut. Berikut daftar 85 obat sirup yang disetop sementara penjualan:

Penulis: Tribun Network | Editor: Hanang Yuwono
TribunSolo.com/Septiana Ayu Lestari
ILUSTRASI - Apoteker memasang pemberitahuan tidak menjual obat sirup/cair di Apotek Kimia Farma Sragen, Kamis (20/10/2022). Berikut daftar obat sirup yang dilarang dijual di apotek. 

TRIBUNSOLO.COM - Sempat viral di media sosial, informasi seputar daftar 102 obat yang diduga dikonsumsi oleh pasien sebelum terdiagnosa gagal ginjal akut, beredar di media sosial, Sabtu (22/10/2022)..

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, menyebut jika 102 obat itu ditemukan di 156 rumah pasien gagal ginjal akut yang didatangi Kemenkes.

"Obat inilah akan kita kerucutkan untuk sementara akan dilarang dari universe yang besar. Obat-obatan ini akan kita larang untuk diresepkan dan dijual. Ini list-nya sementara," kata Menkes Budi dalam konferensi pers, Jumat (21/10/2022) seperti diberitakan Tribunnews.

Baca juga: Cek Apotek Imbas Kasus Gagal Ginjal pada Anak di Indonesia, Kapolres Klaten : Jangan Jual Obat Sirup

Kemenkes dan BPOM saat ini mengaku masih melakukan pengujian bahan dari 102 obat tersebut.

Apabila perusahaan farmasi dari 102 obat itu dapat membuktikan kandungan zat berbahayanya di bawah ambang batas, maka akan dihapus dari daftar obat terlarang.

Daftar Obat Terlarang Sementara

1. Afibramol

2. Alerfed Syrup

3. Ambroxol Syr

4. Amoksisilin

5. Amoxan

6. Anacetine Syrup

7. Antasida Doen

8. Apialys syr

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved