Info Sukoharjo

Bupati Sukoharjo Harapkan Aplikasi Srikandi Jadi Lompatan Wujudkan e-Government Berbasis Teknologi

Bupati Sukoharjo Etik Suryani melaunching Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) berbasis aplikasi mobile bernama Srikandi

Tribunsolo.com/Anang Ma'ruf
Bupati Sukoharjo Etik Suryani tengah melaunching aplikasi Srikandi, di Gedung Menara Wijaya, Sukoharjo, Jumat (16/12/2022). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Anang Ma'ruf

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Bupati Sukoharjo Etik Suryani melaunching Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) berbasis aplikasi mobile di Gedung Menara Wijaya, Sukoharjo, Kamis (15/12/2022).

Aplikasi yang dinamai Srikandi ini, dikatakan Etik, merupakan kolaborasi dari empat kementerian.

"Ini hasil kolaborasi empat kementerian, di antaranya Kemenpan-RB sebagai pembuat regulasi dan koordinasi, ANRI sebagai penyusun proses bisnis dan data/informasi pengelolaan arsip dinamis," kata Etik, kepada TribunSolo.com.

Baca juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Polisi Sukoharjo Intensif Patroli ke Gereja: Demi Keamanan Masyarakat 

"Kemudian Kominfo sebagai pengembangan aplikasi dan penyedia infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sebagai pengamanan aplikasi dan sertifikasi elektronik," tambahnya.

Bupati Sukoharjo memaparkan SPBE tersebut bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel, serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

"Jadi Pemerintah harus beradaptasi dengan teknologi digital untuk bisa memperkuat ketepatan dan keakuratan data kearsipan menjadi lebih baik," jelasnya.

Baca juga: Bupati Sukoharjo Etik Suryani Langsung Bertindak Saat Melihat Tumpukan Sampah di Sungai Siluwur Weru

Menurutnya, pemanfaatan teknologi informasi membuka peluang bagi pemerintah untuk berinovasi dalam menyediakan layanan bagi para aparatur negara dan masyarakat.

Tak terkecuali dalam hal tata kelola kearsipan.

"Saya berharap aplikasi Srikandi ini nanti dapat menjadi lompatan besar bagi Kabupaten Sukoharjo dalam mewujudkan e-government berbasis teknologi," katanya.

"Serta tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel yang keseluruhannya bermuara pada pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya," tambahnya.

(*)

 

Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved