Info Sukoharjo

Kartasura Bakal Dihiasi Gapura Megah, Pemkab Sukoharjo : Tinggal Tunggu Perizinan BBPJN Jateng-DIY

Pembangunan dilatarbelakangi posisi Kartasura sebagai kawasan segitiga emas yang berbatasan dengan beberapa daerah seperti Boyolali, Karanganyar, dll

Istimewa/Dok. DLH Sukoharjo
Desain yang sudah disepakati atau dipilih oleh DLH Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat (13/1/2023) 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Anang Ma'ruf

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Pemerintah Kabupaten Sukoharjo melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukoharjo bakal memperhias wajah Kecamatan Kartasura dengan gapura megah.

Sebagai kawasan segitiga emas, gapura megah dengan desain menawan akan dibangun di batas kota Kartasura dan Boyolali yang berada di Desa Kertonatan, Kecamatan Kartasura.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Agus Suprapto menjelaskan, pembangunan tersebut salah satunya dilatarbelakangi posisi Kartasura sebagai kawasan segitiga emas yang berbatasan dengan beberapa daerah seperti Boyolali, Karanganyar, Klaten, dan Solo.

“Rencana Tahun 2023 ini Kartasura akan dipercantik, akan dibangun gapura di batas kota Kartasura di Kertonatan,” kata Agus Suprapto saat ditemui TribunSolo.com, Kamis (12/1/2023).

Menurutnya rancang bangun rinci atau Detail Engineering Design (DED) sudah dikerjakan oleh pihak ketiga pada tahun 2022.

Baca juga: Bupati Etik Suryani Hadiri Rapat Paripurna DPRD Sukoharjo, Bahas Rencana Perubahan Propemperda 2023

Hal itu meliputi desain teknis bangunan yang terdiri dari gambar teknis, spesifikasi teknis dan spesifikasi umum, volume serta biaya pekerjaan.

Agus Suprapto menjeleskan anggaran yang digunakan untuk pembangunan gapura itu sekitar Rp500 juta.

Dia menyebut setelah mendapatkan izin dari Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-DIY, maka proyek tersebut akan secepatnya dilelang.

Saat ini pihaknya tengah mengajukan izin ke BBPJN Jateng-DIY mengingat pembangunan itu nantinya berada di jalan nasional.

Sementara dalam proses perizinan harus ada DED-nya terlebih dulu.

(*)

 

Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved