Pilpres 2019

Soal Rencana Pertemuan Jokowi-Prabowo, Effendi Gazali: Gampang Bicara 'Ayo Bertemu' Bagi yang Menang

Pakar Komunikasi Politik, Effendi Gazali, memberikan tanggapannya terkait rencana pertemuan kedua capres, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto.

Soal Rencana Pertemuan Jokowi-Prabowo, Effendi Gazali: Gampang Bicara 'Ayo Bertemu' Bagi yang Menang
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
Pasangan calon presiden nomor urut 1, Joko Widodo beserta pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno berjabat tangan setelah debat pilpres pertama di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). Tema debat pilpres pertama yaitu mengangkat isu Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. 

TRIBUNSOLO.COM - Pakar Komunikasi Politik, Effendi Gazali, memberikan tanggapannya terkait rencana pertemuan kedua capres, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto.

Menurut Effendi seperti yang ia jelaskan pada program acara ROSI di KompasTV, Kamis (30/5/2019), pertemuan antara Jokowi dan Prabowo bisa terjadi atas kehendak keduanya.

"Terserah mereka mau ketemu apa enggak," kata Effendi.

Moeldoko Sebut Pertemuan Jokowi-Prabowo Tidak Lama Lagi

Effendi juga menilai pertemuan Jokowi dengan Prabowo bukan menjadi jalan satu-satunya untuk meredam tensi politik yang kini masih hangat pascakerusuhan aksi 22 Mei beberapa waktu lalu.

"Dasar dari kekuatan berbangsa kita tidak harus dan tidak perlu bergantung dari apakah Pak Jokowi bertemu dengan Pak Prabowo atau tidak," terang Effendi.

Lanjutnya, pertemuan antara Jokowi dan Prabowo dimungkinkan untuk memperbaiki suasana politik saat ini.

Andre Rosiade Sebut Bukti Link Berita Jadi Strategi BPN Prabowo-Sandi, Arsul Sani Anggap Aneh

Saat menjadi narasumber pada program acara ROSI, Effendi juga menjelaskan sejumlah penghambat rencana pertemuan Jokowi dengan Prabowo.

Satu di antaranya, Effendi menyebut rasa enggan kubu yang mengalami kekalahan untuk bertemu kubu yang menang.

"Gampang berbicara 'ayo bertemu' bagi kubu yang menang sementara kubu yang kalah akan menjawab 'tunggu dulu'," kata Effendi.

Pertemuan Jusuf Kalla dengan Prabowo Subianto Disebut atas Permintaan Jokowi

Namun di sisi lain, Effendi juga menilai semakin cepat pertemuan Jokowi dan Prabowo direalisasikan dipastikan akan membawa pengaruh positif untuk kedua kubu.

Halaman
123
Penulis: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved