Revisi UU KPK, Mantan Plt Ketua KPK Ruki Bantah Pernah Usulkan ke DPR

Mantan Plt Ketua KPK, Taufiequrrachman Ruki membantah pernah mengusulkan revisi Undang-undang (UU) Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK ke DPR pada 2015.

Revisi UU KPK, Mantan Plt Ketua KPK Ruki Bantah Pernah Usulkan ke DPR
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Plt Ketua KPK Taufiequrrachman Ruki.

TRIBUNSOLO.COM - Mantan Plt Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Taufiequrrachman Ruki membantah pernah mengusulkan revisi Undang-undang (UU) Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK ke DPR pada 2015 lalu.

Ruki mengatakan, surat yang pernah dibuatnya bersama pimpinan KPK lainnya adalah jawaban atas surat Presiden Joko Widodo yang meminta pendapat KPK terkait revisi UU KPK yang bergulir di DPR saat itu.

“(Surat ini) ditandatangani kami berlima, tidak cuma Taufik sendiri, tapi lima pimpinan," jelas Ruki kepada wartawan, Sabtu (7/9/2019).

"Apa jawaban kami terhadap surat itu? Pertama pada prinsipnya kami pimpinan KPK tidak setuju keinginan beberapa anggota DPR untuk merevisi UU KPK,” kata dia menegaskan.

Polemik Revisi UU KPK, Laode M Syarif Tantang Fahri Hamzah Buktikan Ucapan Soal Permintaan Pimpinan

Ruki menjelaskan, lewat surat tersebut, pimpinan KPK saat itu menyarankan agar pemerintah dan DPR merevisi dan harmonisasi Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Tipikor, KUHP, dan KUHAP terlebih dahulu sebelum merevisi UU KPK.

Ia menambahkan, revisi UU KPK juga harus didasari pada semangat memperkuat KPK, bukan untuk melemahkan KPK. "Terhadap rumusan substansi di atas, KPK berharap pemerintah bisa pertahankan usul KPK," ujar Ruki.

Sebelumnya, anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Arteria Dahlan menyebut usulan revisi UU KPK datang dari KPK pada November 2015.

Mantan Ketua KPK periode 2011-2015 Abraham Samad membantah telah mengirimkan surat.

Polemik Revisi UU KPK, Fadli Zon Beralasan untuk Kuatkan KPK

Ia menduga, usulan itu disodorkan setelah ia sudah diberhentikan dari ketua KPK dan digantikan oleh Plt Ketua KPK Taufiequrachman Ruki.

"Sepengetahuan saya di masa kepemimpinan jilid III, pada saat saya dan teman-teman memimpin, kita tidak pernah punya usulan seperti yang dikatakan," aku dia.

"Saya enggak tahu kalau misalnya datang dari plt," kata Samad dalam diskusi di kawasan Menteng, Sabtu (7/9/2019). (Kompas.com/Ardito Ramadhan) (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mantan Plt Ketua KPK Bantah Usulkan Revisi UU KPK ke DPR", https://nasional.kompas.com/read/2019/09/07/17013521/mantan-plt-ketua-kpk-bantah-usulkan-revisi-uu-kpk-ke-dpr.

Editor: Asep Abdullah Rowi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved