Demo Tolak Pengesahan RUU

Demonstran #BengawanMelawan Sudah Diajak Masuk ke Dalam Gedung DPRD Solo, Tapi Ternyata Menolak

Sebelum bentrokan pecah, ribuan mahasiswa yang menggelar demo #BengawanMelawan sebenarnya sudah diajak masuk ke dalam gedung DPRD Solo oleh pimpinan

Demonstran #BengawanMelawan Sudah Diajak Masuk ke Dalam Gedung DPRD Solo, Tapi Ternyata Menolak
Istimewa
Wakil Ketua DPRD Solo, Sugeng Riyanto dan anggota DPRD Solo, Ginda Ferachtriawan saat menemui ribuan demonstran untuk menawarkan masuk ke dalam gedung DPRD Solo, Jalan Adi Sucipto, Selasa (24/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Asep Abdullah Rowi

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Sebelum bentrokan pecah, ribuan mahasiswa yang menggelar demo #BengawanMelawan sebenarnya sudah diajak masuk ke dalam gedung DPRD Solo, Jalan Adi Sucipto oleh pimpinan wakil rakyat, Selasa (24/9/2019).

Hal ini ditegaskan oleh Wakil Ketua DPRD Solo, Sugeng Riyanto.

Sugeng ditemani oleh anggota DPRD Solo lain, Ginda Ferachtriawan yang tertangkap kamera berani menemui sendiri ribuan demonstran dari berbagai elemen mahasiswa di gedung wakil rakyat di Kelurahan Karangasem, Kecamatan laweyan tersebut.

Lebih lanjut dia menjelaskan, mahasiswa yang menolak pengesahan sejumlah RUU itu sempat diajak masuk ke gedung milik rakyat itu.

"Kami tawarkan 150 orang yang dikoordinir korlap, tapi mereka menginginkan seluruh ribuan mahasiswa masuk ke gedung," aku dia.

Demo #BengawanMelawan di Gedung DPRD Solo Berakhir Ricuh, Ini Kronologi Menurut Mahasiswa

"Kan gak cukup, karena gedung hanya menampung ratusan orang," jelas dia membeberkan.

Adapun saat demo yang menolak RUU Pertanahan, RKUHP, RUU Permasyarakatan, UU KPK dan Sahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual, Sugeng mengungkapkan di dalam gedung DPRD tengah menggelar acara rapat konsultasi.

"Semua pimpinan ada, termasuk ketua fraksi dan anggota," paparnya.

Video Terkini Demo Mahasiswa #BengawanMelawan di Depan Kantor DPRD Solo Pasca Bentrok dengan Aparat

"Ada separo dari jumlah seluruh anggota 45 orang," aku dia menegaskan.

Untuk itu lanjut Sugeng, pihaknya mengajak perwakilan mahasiswa untuk menyampaikan apa yang diinginkan ke dalam gedung dengan cara duduk bersama.

"Kami memberitakn dialog, tapi kok kemudian tiba-tiba deadlock," terang dia.

Wakil Rakyat Ini Berani Temui Ribuan Demonstran untuk Mengajak Diskusi di Gedung DPRD Solo

Sebelumnya, demo #BengawanMelawan yang diikuti mahasiswa dari berbagai elemen untuk menolak pengesahan sejumlah RUU di gedung DPRD Solo, Jalan Adi Sucipto berakhir ricuh, Selasa (24/9/2019) pukul 14.23 WIB.

Demo diikuti ribuan orang, di antaranya dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Solo, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo, Institut Seni Indonesia (ISI) Solo hingga Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo.

Saat itu polisi menembakkan gas air mata, sementara demonstran menghujani botol dan batu sehingga suasana menjadi caos. (*)

Penulis: Asep Abdullah Rowi
Editor: Asep Abdullah Rowi
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved