Breaking News:

Kisah BUMDes-BWM Wonorejo Sukoharjo Kelola Potensi & 'Bantu' Masyarakat, Hasil Binaan OJK

Kehadiran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Center Maju Sejahtera yang sudah setahun ini dijalankan, dirasa membawa manfaat di tengah-tengah masyarakat.

Penulis: Asep Abdullah Rowi | Editor: Asep Abdullah Rowi
TribunSolo.com/Asep Abdullah
Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Center Maju Sejahtera di Desa Wonorejo, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo yang pernah diresmikan langsung Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Asep Abdullah Rowi

TRIBUNSOLO, SUKOHARJO - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Center Maju Sejahtera yang sudah setahun ini dijalankan, dirasa membawa manfaat di tengah-tengah masyarakat.

Dari sebuah bagunan yang awalnya adalah gudang di perkantoran pemerintah Desa Wonorejo, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, kini BUMDes Center Maju Sejahtera menjelma menjadi lembaga potensial dan memiliki masa depan cerah.

Ya, sejak diresmikan langsung Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso bersama pejabat Bank Rakyat Indonesia (BRI), DPR RI hingga Pemkab Sukoharjo, pada November tahun lalu.

Pada bulan ini lembaga di bawah naungan pemerintah desa itu tepat satu tahun berdiri.

Papan nama BUMDes Center Maju Sejahtera masih berdiri kokoh di ruangan kantor seluas 4x10 meter itu.

Di ruangan itulah setahun berjalan ini sejak diresmikan 17 November 2018, berbagai macam cara ditelurkan oleh pengurus atau pengelola untuk menghidupkan dan mengembangkan BUMDes yang dibina OJK.

Hanya berjarak belasan meter, terdapat UMKM binaan Bank Wakaf Mikro (BWM) di Pondok Pesantren Modern Imam Syuhodo sebagai off-taker dalam mengakses pasar yang disinergikan dengan BUMDes.

Para pengelola BUMDes Center Maju Sejahtera tampak lihai 'menerjemahkan' apa yang diamanatkan OJK beserta lembaga seperti BRI, sehingga yang dikerjakan perlahan dicapai.

"Setahun (pas) ini kami berjalan baik kelola rintisan ini (BUMDes)," aku pengeloa BUMDes Center Maju Sejahtera, Aris Budiyanto mengawali pembicaraan dengan TribunSolo.com, Sabtu (9/11/2019).

Gedung serbaguna yang akan dikelola BUMDes, masih tahap pembangunan.
Gedung serbaguna yang akan dikelola BUMDes, masih tahap pembangunan. (TribunSolo.com/Asep Abdullah)

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved