Waspadai Fenomena Udara Dingin dari Laut Cina Selatan, Ini Prediksi BMKG

BMKG menjelaskan akan terjadi fenomena alam akan 'singgahnya' cold surge atau seruakan dingin melalui Laut Cina Selatan.

Waspadai Fenomena Udara Dingin dari Laut Cina Selatan, Ini Prediksi BMKG
Harian Warta Kota/Henry Lopulalan
Hujan deras bersama angin turun dikawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (22/3/2016). Jakarta di guyur hujan tidak merata dari hujan deras bersama angin hingga hanya rintik-rintik. 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, menjelaskan akan terjadi fenomena alam akan 'singgahnya' cold surge atau seruakan dingin melalui Laut Cina Selatan.

Cold surge ini merupakan aliran udara dingin yang berasal dari daratan Asia kemudian menjalar memasuki wilayah Indonesia bagian Barat.

"Tanggal 5 sampai tanggal 10 (Januari ini), jadi saya ulangi, sebelumnya curah (hujan) bisa intensitas tinggi karena sekitar tanggal 20-an kami melihat ada gejala masuknya cold surge yaitu seruak atau terobosan udara dingin yang masuk lewat Laut Cina Selatan," ujar Dwikorita, di Gedung BPPT 2, Jakarta Pusat, Jumat (3/1/2020) sore.

Kemudian, tambah dia, fenomena ini biasa terjadi saat Asia memasuki musim dingin, yakni di wilayah Cina atau dataran Tibet serta Hong Kong.

BMKG: Dua Wilayah di Jawa Tengah Ini Berpotensi Hujan Lebat Malam Ini

"Ini pengaruh dari perbedaan tekanan udara yang ada di Cina atau Tibet dengan Hong Kong. Bayangkan ada di Cina, Tibet, Hong Kong, pengaruhnya sampai Jabotabek," jelas Dwikorita.

Lebih lanjut Dwikorita menjelaskan Sumatra Barat akan mengalami intensitas hujan yang cukup tinggi karena menjadi gerbang masuk dari fenomena ini pada 5 Januari mendatang.

"Arak-arakan aliran udara basah, berjalan di sepanjang equator, ini kurang lebih diprakirakan tanggal 5 masuk melalui Sumatra Barat, pantai barat Sumatra," kata Dwikorita.

Angin Ribut Terjang Polanharjo Klaten, Umbul Ponggok Kena Dampaknya

Ia kemudian menambahkan, cold surge ini nantinya akan bermuara di Samudra Pasifik.

Namun akan ada beberapa wilayah di Indonesia yang terkena perlintasan fenomena ini.

Nyaris seluruh wilayah di Sumatra akan merasakan dampak yang dibawa oleh cold surge.

Halaman
123
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved