Virus Corona

Wabah Corona Belum Mereda, Menpora Imbau Para Atlet Tak Ikuti Kegiatan Olahraga di China

Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali, mengimbau agar para atlet Indonesia untuk tidak mengikuti kegiatan olahraga di China.

Wabah Corona Belum Mereda, Menpora Imbau Para Atlet Tak Ikuti Kegiatan Olahraga di China
KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIM
Profil Menpora Zainudin Amali 

TRIBUNSOLO.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali, mengimbau agar para atlet Indonesia untuk tidak mengikuti kegiatan olahraga di China.

Menpora memberikan pernyataan pada 31 Januari 2020 kepada seluruh olahragawan untuk tidak ikut serta dalam segala turnamen atau agenda uji coba yang digelar di China.

Imbauan tersebut menyusul penyebaran virus corona yang bersumber dari China yang kemudian menyebar ke berbagai negara.

Ilmuan China Sebut Virus Corona Juga Bisa Tertular Melalui Feses

Ditemui BolaSport pada peresmian International Hall NOC di Senayan, Jakarta, Minggu (2/2/2020), Zainudin mengatakan imbauan tersebut bukan untuk menghambat langkah atlet.

"Saya kira sebelum imbauan itu keluar, cabang-cabang olahraga sudah mempertimbangkan faktor keselamatan atlet," kata Zainudin seperti dikutip TribunSolo.com.

"Kami hanya mempertegas saja. Jadi, jangan salah diartikan bahwa imbauan Kemenpora itu jadi hambatan untuk atlet," imbuhnya.

Lebih lanjut imbauannya tersebut sebagai langkah antisipasi untuk menjaga para atlet Indonesia untuk bisa berkompetisi dalam ajang Olimpiade Tokyo 2020.

"Kami melihat cabor-cabor sudah memutuskan lebih dulu," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga tersebut. 

Filipina Umumkan 1 Orang Meninggal Dunia Akibat Virus Corona, Terkonfirmasi sebagai Pria dari China

"Pertimbangannya adalah untuk apa mengirim atlet ke lokasi yang belum memungkinkan kondisinya, kalau nanti mereka malah kenapa-kenapa dan tak bisa ikut Olimpiade," ucapnya melanjutkan.

Satu event yang termasuk kualifikasi Olimpiade 2020 adalah Kejuaraan Asia yang akan berlangsung April mendatang di Wuhan.

Halaman
12
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved