Breaking News:

Info Kesehatan

Khasiat Temulawak bagi Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Obesitas dan Diabetes

Membuat jamu temulawak sendiri juga sangat mudah, namun kamu terlebih dahulu harus membedakannya dengan kunyit (Curcuma domestica).

Editor: Reza Dwi Wijayanti
(Kompas.com/Lusia Kus Anna)
Tanaman obat tradisional temulawak. 

TRIBUNSOLO.COM -  Orang Indonesia mungkin tidak asing lagi dengan kehadiran temulawak, bahkan kamu mungkin salah satu peminum jamu temulawak secara rutin. Nah, apakah kamu sudah tahu apa saja khasiat temulawak bagi kesehatan?

Temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb) memang merupakan tanaman dari suku temu-temuan (Zingiberaceae) yang sudah banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Tanaman ini banyak ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia dan rimpangnya dapat membesar alias gemuk saat ditanam di tanah yang gembur.

Membuat jamu temulawak sendiri juga sangat mudah, namun kamu terlebih dahulu harus membedakannya dengan kunyit (Curcuma domestica).

Keduanya sama-sama berbentuk rimpang, hanya saja bentuk temulawak lebih gempal serta warna dagingnya lebih cerah dari kunyit yang bentuknya panjang dengan warna daging oranye pekat.

Surati Presiden Jokowi, WHO Sarankan Indonesia Tetapkan Status Darurat Nasional

Setiap Pengunjung Solo Paragon Mall akan Diperiksa Suhu Tubuhnya sebelum Masuk

Kandungan temulawak

Temulawak terkenal karena kandungan kurkumin yang memang membawa banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Namun, tanaman rimpang ini juga terbukti memiliki kandungan lain yang sama baiknya, seperti zat tepung dan minyak atsiri, yang dipercaya dapat meningkatkan kerja ginjal serta bersifat antiinflamasi.

Minyak atsiri pada temulawak sendiri terdiri atas zat-zat seperti d-kamfer, siklo isoren, mirsen, tumerol, xanthorrhizol, zingiberen, dan zingeberol.

Temulawak juga mengandung serat kasar, abu, protein, dan mineral meski dalam jumlah yang lebih sedikit.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved