Breaking News:

Info Kesehatan

Mengenal Istilah Diet Yo-Yo dan Kebiasaan Penting Agar Terhindar dari Gangguan Kesehatan

Diet yo-yo adalah pola turun berat badan dan naik kembali yang terjadi secara berulang sehingga berat badan seseorang menjadi fluktuatif.

Editor: Reza Dwi Wijayanti
(shutterstock)
Ilustrasi menimbang berat badan 

TRIBUNSOLO.COM -  Diet yo-yo adalah pola turun berat badan dan naik kembali yang terjadi secara berulang sehingga berat badan seseorang menjadi fluktuatif.

Banyak orang mungkin berpikir turun berat badan adalah hal yang baik dan sehat, namun diet yo-yo justru bisa mengganggu kesehatan, bahkan memicu terjadinya penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kenaikan Indeks Massa Tubuh (BMI) dari waktu ke waktu.

Mengapa penting untuk menghindari diet yo-yo? Karena perubahan berat badan tidak selalu baik, terutama bagi jantung.

Sebuah studi yang dipublikasikan pada 2007 di Circulation, meneliti 2.500 orang pria dan wanita dan memperbarui kabar mereka 15 tahun kemudian.

Partisipan yang berhasil menjaga berat badannya tetap stabil memiliki jantung yang lebih sehat daripada mereka yang naik turun berat badannya.

Bahkan orang-orang yang obesitas sekalipun namun berat badannya stabil, memiliki jantung yang cenderung lebih stabil.

Profesor dari University of Fribourg yang berspesialisasi dalam obesitas, Jean-Pierre Montani, MD mengatakan, ketika berat badan turun, tekanan darah, detak jantung, gula darah, dan fungsi ginjal kita cenderung membaik.

Tips Diet yang Mudah dan Aman bagi Tubuh, Salah Satunya Kenali Waktu untuk Makan

Sering Diabaikan, Ini 5 Kesalahan Diet yang Mungkin Kamu Alami

Namun, ketika berat badan kembali dengan cepat, langkah-langkah tersebut untuk sementara waktu bisa naik ke kisaran yang tidak sehat.

Masalahnya, hal tersebut akan menjadi sangat berbahaya jika diulang berkali-kali. Dalam jangka panjang, kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada jantung dan ginjal.

Berhenti diet yo-yo

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved