Ramadhan 2020

Pandemi Corona Belum Usai, Begini Imbauan Menteri Agama untuk Sholat Idul Fitri Tahun Ini

Tak lepas dari itu Menteri Agama Jenderal Purn Fachrul Razi, juga menghimbau agar masyarakat melaksanakan sholat Idul Fitri dilakukan di rumah saja.

Capture Youtube Kompas TV
Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi 

TRIBUNSOLO.COM - Selama pandemi corona (Cocid-19), Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kompak mengimbau umat Islam untuk beribadah salat tarawih dan salat Idul Fitri dijalankan di rumah masing-masing.

Tak lepas dari itu Menteri Agama Jenderal Purn Fachrul Razi, juga menghimbau agar masyarakat melaksanakan sholat Idul Fitri dilakukan di rumah saja.

Pemkot Solo Tak Keluarkan Izin Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1441 H di Jalan dan Tempat Umum

"Suasana Idul Fitri kali ini pasti berbeda dengan waktu-waktu lalu karena kali ini kita merayakan dalam bayang-bayang wabah corona, Shalat Idul Fitri menjadi momen yang kita tunggu di saat lebaran kali ini, jangan kita lakukan di lapangan atau di masjid karena kumpulan jamaah yang begitu besar sangat rentan terhadap penularan virus corona" Ujar Fachrul Razi dikutup dalam tayangan Kompas TV.

"Sebetulnya Shalat Idul Fitri hukumnya Sunah ditinggalkan pun tidak apa-apa namun demikian saya menghimbau untuk jangan ditinggalkan karena meskipun hukumnya sunah muakad, sunah yang sangat dianjurkan Rasulullah tidak pernah meninggalkan Sholat Idul Fitri bahkan memerintahkan agar kaum wanita termasuk gadis remaja untuk juga turut Shalat Idul Fitri, mari melaksanakan Shalat Idul Fitri di rumah saja secara perorangan atau berjamaah dengan keluarganya" tambahnya.

Lantas bagaimana cara Shalat Idul Fitri di rumah?

Dilansir dari Tribunnews.com berikut tuntunan shalat Ied di rumah, lengkap dengan pelaksanaan khutbahnya.

Tata cara pelaksanaan shalat Ied, bisa dilakukan secara sendiri/munfarid atau berjamaah.

Bila shalat Ied, kita tidak diwajibkan untuk khutbah, tetapi untuk yang berjamaah disunnahkan khutbah.

Hal ini dilakukan karena masih adanya pandemi Corona, sehingga umat Islam diimbau untuk melaksanakan ibadah shalat Idul Fitri di rumah bersama keluarga inti.

Diketahui, Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa terkait pelaksanaan ibadah salat idul fitri saat pandemi virus corona.

Halaman
1234
Penulis: Naufal Hanif Putra Aji
Editor: Ryantono Puji Santoso
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved