Sendok Kayu Bikin Masakan Lebih Enak, Fakta atau Mitos?

Salah satu alat masak yang penting dimiliki ibu rumah tangga adalah sendok kayu, selain punya banyak keunggulan, sendok kayu juga tahan lama.

sajiansedap.grid.id
Simak resep masakan untuk menu favorit yang dihidangkan saat lebaran, ada Opor Ayam Bumbu Jinten. 

TRIBUNSOLO.COM – Salah satu alat masak yang penting dimiliki ibu rumah tangga adalah sendok kayu.

Selain punya banyak keunggulan, sendok kayu  juga tahan lama dan sangat cocok untuk digunakan untuk masakan dan wajan tertentu.

Penggunaan sendok kayu sebagai alat masak juga sempat memunculkan anggapan bahwa hal itu akan mempengaruhi rasa masakan jadi lebih nikmat.

Chef Yogie Putranto dari HARRIS Hotel Sentul City – Bogor mengatakan bahwa hal tersebut hanyalah sugesti belaka. Penggunaan sendok kayu tidak akan mempengaruhi rasa makanan.

“Itu sugesti aja sebenarnya. Kecuali kalau kita masak pakai kayu bakar. Nah itu baru akan pengaruh rasa asapnya pasti masuk,” ujar Cheg Yofie pada Kompas.com, Jumat (12/6/2020).

Sederet Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Musim Panas, Bisa Menghidrasi Tubuh dengan Baik

Namun yang jelas, penggunaan sendok kayu pasti akan berpengaruh pada wajan penggorengan yang digunakan.

Jika kamu menggunakan wajan teflon anti lengket, maka sebaiknya menggunakan sendok kayu.

Jangan gunakan spatula dari bahan stainless steel karena bisa menggores lapisan anti lengket yang akhirnya akan merusak lapisan tersebut.

Seperti dilansir dari Eat This, Chef Hether Terhune, Executive Chef dari Tre Rivali dan The Outsider di Milwaukee, Wisconsin mengatakan bahwa sendok kayu jadi alat masak terbaik karena selain kuat dan tahan lama juga tidak akan merusak alat masak lainnya.

15 Makanan yang Bisa Meningkatkan Kinerja Otak dan Memori Kalian, Minyak Ikan hingga Brokoli

Wajan anti lengket punya lapisan teflon yang bisa tergores dengan alat masak dari besi. Lapisan anti lengket yang tergores ini bisa mengkontaminasi makanan dan berbahaya untuk tubuh.

Halaman
12
Editor: Ilham Oktafian
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved