Pilkada Solo 2020

Data Lengkap Hasil Survei Solo Raya Polling, Gibran 55 Persen, Purnomo 35 Persen dan Calon Lainnya

"6 bulan menjelang Pilkada Solo ini adalah awal konstentasi politik krusial," ungkapnya saat rilis bertajuk Laporan Survei H-6 Bulan Pilkada Solo.

TribunSolo.com/Ilham Oktafian
Direktur Solo Raya Polling, Suwardi saat konferensi pers hasil survei Pilkada Solo 2020 di RM Pecel Solo, Turisari Jalan Prof Dr Supomo nomor 55, Kelurahan Mangkubumen, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Selasa (23/6/2020). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Ilham Oktafian

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Elektabilitas dan popularitas Gibran Rakabuming Raka menyodok ke papan atas mengungguli rivalnya Achmad Purnomo yang tengah menanti rekomendasi untuk Pilkada Solo 2020.

Temuan itu berdasarkan hasil survei kandidat menjelang 6 bulan Pilkada Solo 2020 yang digelar 14-20 Juni 2020 oleh Solo Raya Polling saat dibeberkan kepada publik, Selasa (23/6/2020).

Direktur Solo Raya Polling, Suwardi mengungkapkan, Gibran putra dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) meraih torehan berbeda karena tingkat elektabilitas dan popularitas menjauh alias menyalip sosok Purnomo yang sebelumnya di posisi atas.

"6 bulan menjelang Pilkada Solo ini adalah awal konstentasi politik  krusial," ungkapnya saat rilis bertajuk Laporan Survei H-6 Bulan Pilkada Solo 2020 di RM Pecel Solo, Turisari Jalan Prof Dr Supomo nomor 55, Kelurahan Mangkubumen, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.

BREAKING NEWS : Hasil Survei Juni, Elektabilitas & Popularitas Gibran Putra Jokowi Menyalip Purnomo

Reaksi Dapati Elektabilitas Gibran Putra Jokowi Salip Dirinya 55 Persen, Purnomo : Biasa-biasa Saja

Suwardi yang juga peneliti Pascasarjana Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo menjelaskan, dari segi popularitas, Gibran Rakbuming Raka meninggalkan rival-rivalnya 99 persen, disusul Achmad Purnomo 94 persen, Teguh Prakosa 74 persen dan Budi Prasetyo 39 persen.

Adapun pasangan independen yakni, Bagyo Wahyono mendapatkan 26 persen dan FX Supardjo 20 persen.

"Untuk mengukur popularitas itu, kita menggunakan foto tokoh tersebut lalu disodorkan ke masyarakat," jelasnya.

Tak hanya segi popularitas yang membuat Gibran naik, dari elektabilitas bos martabak itu masih menyalip rival-rivalnya yang tengah menunggu rekomendasi PDIP dengan 55 persen, disusul Achmad Purnomo 35 persen, Teguh Prakosa 5 persen dan Budi Prasetyo1 persen.

Sementara pasangan independen Bagyo Wahyono hanya mendapatkan 1 persen dan FX Suparjo tidak mendapatkan hasil.

Halaman
1234
Penulis: Ilham Oktafian
Editor: Asep Abdullah Rowi
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved