Breaking News:

Info Kesehatan

Berat Badan Turun Secara Drastis? Waspadai Bisa Jadi Itu Gejala Diabetes

Di dalam sel, gula akan diolah menjadi energi atau tenaga untuk kebutuhan mendadak, dan sebagian akan disimpan agar dapat dipakai pada suatu waktu.

Editor: Reza Dwi Wijayanti
(simpson33)
ilustrasi diabetes 

TRIBUNSOLO.COM -  Berat badan yang ideal adalah harapan semua orang, bahkan orang-orang yang memiliki berat badan berlebih berlomba-lomba menurunkan berat badan.

Namun, bagaimana jika berat badan malah turun drastis secara tiba-tiba?

Mungkin beberapa orang akan merasa senang tetapi Anda juga harus khawatir bisa jadi itu tanda gejala diabetes.

Salah satu founder Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia), Prof. Dr. dr. Sri Hartini KS Kariadi, Sp.PD-KEMD., menjelaskan ketika tubuh tidak bisa mendapatkan energi yang cukup dari gula karena kurang insulin, sel-sel seolah-olah akan berteriak, “toloooong gak ada energi nih……!”.

Dengan heboh, tubuh pun akan bergegas mengolah zat-zat lain di dalam tubuh untuk diubah menjadi energi.

Zat-zat yang diubah tersebut adalah lemak dan protein.

Dalam bukunya Diabetes? Siapa Takut!! (2009), dr. Sri Hartini mengungkapkan, apabila hal tersebut berlangsung cukup lama, orang bisa jadi akan tampak kurus dan berat badannya turun.

Seperti diketahui, gula adalah bahan bakar utama untuk pembentukan energi di dalam tubuh.

Di dalam sel, gula akan diolah menjadi energi atau tenaga untuk kebutuhan mendadak, dan sebagian akan disimpan agar dapat dipakai pada suatu waktu nanti.

Sementara, pada penderita diabetes, terdapat masalah dengan insulin, mungkin karena jumlah insulin yang kurang, efek kerja insulin dalam hal memasukkan gula ke dalam sel tidak sempurna, atau kedua-duanya, sehingga gula darah tetap akan tinggi.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved